Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menurut Psikolog, 8 Warna Cat Dinding Ini Bisa Bikin Anda Bahagia

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat dinding tidak hanya akan mempercantik dekorasi rumah, namun juga memengaruhi suasana hati Anda. Beberapa warna cat dinding tertentu menurut psikolog dapat membangkitkan semangat dan membuat Anda bahagia di rumah.

Dilansir dari House Beautiful, Rabu (3/11/2021), psikolog lingkungan Lee Chambers memaparkan warna-warna cat dinding yang bisa membuat Anda sebagai penghuni rumah merasa lebih bahagia.

Meskipun tidak mengherankan bahwa warna seperti oranye dan kuning masuk dalam daftar, beberapa warna secara mengejutkan ternyata membuat Anda bahagia, termasuk abu-abu dan ungu. Berikut warna cat dinding yang dapat membuat Anda bahagia.

1. Hijau

Terpilih sebagai warna cat dinding paling populer di Instagram, hijau dipuji karena kualitasnya yang menyegarkan yang dapat membantu menjernihkan pikiran.

Jika Anda ingin meningkatkan kesejahteraan, cobalah memanfaatkan warna alami ini.

"Hijau bisa sangat merangsang bagi mereka yang berjuang untuk pertumbuhan pribadi karena secara tidak sadar mengingatkan kita pada alam," jelas Chambers.

2. Abu-abu

Abu-abu hadir sebagai warna dinding terpopuler kedua dan merupakan pilihan abadi bagi banyak rumah di Inggris Raya. Menurut Chambers, warna ini memberikan suasana segar dan menyegarkan yang dikenal meningkatkan produktivitas.

Jika Anda berencana untuk mendekorasi menggunakan warna ini, hindari mengecat setiap dinding dengan warna abu-abu.


"Warna yang terlalu gelap dapat menumpulkan lingkungan Anda, menciptakan suasana yang lebih menyedihkan," ungkap Chambers.

Sebaliknya, Anda dapat dengan mudah meninggikan sudut yang tampak membosankan dengan aksesori warna abu-abu, seperti karpet atau gorden.

3. Biru

Berada di tempat ketiga adalah biru, warna yang menjadi semakin populer berkat Instagram.

"Warna ini bisa menenangkan dan membuat Anda merasa aman. Namun, seperti abu-abu, nuansa (warna biru) tertentu dapat membangkitkan unsur dingin dan kesedihan," ujar Chambers

Untuk efek yang halus, jaga agar semuanya tetap netral dan pilih aksen biru yang lembut. Namun, jika Anda merasa berani, pilihlah transformasi nila yang menyeluruh.

4. Merah muda

Chambers menggambarkan warna merah muda atau pink sebagai warna harapan dan warna yang dapat membuat orang merasa diberdayakan. Warna merah muda juga dapat membantu meningkatkan energi dan motivasi.

Untuk menghindari dinding merah muda Anda terlihat terlalu manis, pilihlah warna merah muda yang gelap atau tidak terlalu cerah.

5. Merah

Sebagai warna dinding paling populer kelima, merah kuat adalah warna yang memukau. Meskipun dikenal mampu dengan cepat menceriakan ruangan, Chambers memperingatkan bahwa nuansa warna merah tertentu saat terkena pencahayaan dapat membuat orang merasa lebih agresif dan kurang berbelas kasih.

Jika Anda ingin memanfaatkan warna merah melalui aksesori. Cobalah karpet bergaris merah untuk memberi warna pada lantai, atau sebagai alternatif, kap lampu merah untuk mencerahkan sudut yang kusam.

6. Kuning

Terkenal karena mencerahkan ruangan secara instan, warna kuning dapat meningkatkan mood dan mempromosikan imajinasi. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mendekorasi ruangan dengan dinding kuning, gunakan dengan hati-hati.

Sebab, menurut Chambers, warna kuning yang lebih gelap telah terbukti membuat bayi lebih sering menangis, dan menyebabkan ketegangan.

7. Ungu

Ungu mungkin menempati urutan ketujuh, tetapi Chambers menjelaskan bahwa ini adalah warna terbaik untuk setiap ruang kerja di rumah karena membawa rasa keseimbangan dan meningkatkan kreativitas.

"Baik dinding ungu yang menarik dan personal bisa bermanfaat di setiap ruangan," tutur Chambers.

8. Oranye

Oranye yang cerah adalah warna yang kuat yang bekerja dengan baik dalam bentuk aksesoris, warna cat dan furnitur. Meskipun penuh semangat dan kepribadian, namun seperti merah, warna oranye juga dapat meningkatkan emosi yang kuat.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/03/075600976/menurut-psikolog-8-warna-cat-dinding-ini-bisa-bikin-anda-bahagia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke