Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menanam Bok Choy, Sayuran yang Cocok Dibuat Sup dan Tumis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bok choy, juga dikenal sebagai kubis China, adalah sayuran yang mudah ditemui di pasar maupun pasar swalayan. Bok choy memiliki batang renyah yang dikelilingi oleh daun halus dan lembut dengan rasa antara kubis dan lobak.

Tanaman sayuran ini membentuk kepala tegak, dengan daun melebar ke luar, dan tangkai putih atau hijaunya terlihat seperti seledri yang halus dan tidak berserabut. Tangkai bunga tumbuh dari tengah tanaman dan memiliki persilangan empat kelopak kuning yang khas.

Bok choy tumbuh cepat dan ditanam di awal musim semi. Anda dapat menanam tanaman setiap beberapa minggu untuk periode panen yang lebih lama.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (2/10/2021), berikut cara menanam bok choy, sayuran yang cocok dibuat sup atau tumis.

Cara menanam bok choy dari benih

Benih bok choy cepat berkecambah, biasanya dalam empat sampai delapan hari. Anda juga dapat memulai benih di dalam ruangan.

Jika Anda menanam benih di dalam ruangan, pastikan untuk mengeraskannya sebelum ditanam. Tunda transplantasi sampai suhu malam sejuk, atau bersiaplah untuk menutupinya dengan kain tanaman.

Tanam benih sedalam setengah inci, dengan jarak 1 inci. Jika Anda menanam tanaman berukuran penuh, tipiskan setidaknya dengan jarak 6 inci.

Memilih lokasi penanaman

Lokasi penanaman bok choy harus memiliki tanah yang subur dan subur dengan drainase yang baik di mana hujan dapat membasahi tanah. Lokasi harus memiliki sinar matahari penuh untuk sebagian besar hari.


Tanaman ini harus memperoleh tiga hingga lima jam sinar matahari penuh dan naungan parsial, terutama di sore hari. Menanam di pot juga dimungkinkan untuk bok choy.

Jarak, kedalaman, dan patok

Benih harus ditanam dengan jarak setengah inci dengan kedalaman sekitar seperempat inci. Jika menanam bibit, beri jarak 6 hingga 12 inci di tanah untuk pertumbuhan yang memadai.

Saat menanam beberapa baris bok choy, beri jarak sekitar 18 inci hingga 30 inci untuk pertumbuhan terbaik. Jika Anda menanam lebih dari satu baris bok choy, pastikan jarak baris Anda 18 hingga 30 inci.

Jika Anda ingin panen bok choy terus menerus, tambahkan tanaman baru setiap dua minggu. Tidak diperlukan sistem patok pendukung untuk bok choy.

Pencahayaan

Bok choy tumbuh paling baik di bawah sinar matahari penuh, tetapi mentolerir sebagian naungan, terutama diperlukan di bulan-bulan musim kemarau. Biasanya membutuhkan sekitar enam jam sinar matahari langsung setiap hari.

Tanah

Anda akan membutuhkan media tanam dengan drainase baik yang diperkaya dengan bahan organik. Bok choy akan tumbuh dalam pH tanah dari 6,0 hingga 7,5, meskipun kisaran 6,5 hingga 7,0 adalah yang terbaik.

Air

Bok choy membutuhkan kondisi tanah yang cukup lembap tetapi tidak pernah basah. Kekeringan dapat menyebabkan benih tumbuh terlalu dini.

Tanaman bok choy akan membutuhkan penyiraman yang konsisten. Aturan praktis terbaik adalah memberi bok choy 1 inci air seminggu agar tanah tetap lembap di antara penyiraman.

Pupuk

Tambahkan kompos dan pupuk organik ke tanah saat menanam bok choy. Tanaman ini adalah pemakan berat, lebih menyukai tanah yang kaya akan kalium, nitrogen, dan fosfor.

Namun pemberian pupuk organik sebaiknya dilakukan pada saat tanam. Pupuk kimia tidak boleh digunakan selama masa pertumbuhannya.


Memanen bok choy

Tergantung pada varietas dan cuacanya, bok choy harus siap panen dalam 45 sampai 60 hari setelah perkecambahan benih. Panen daun dari bagian luar tanaman untuk memungkinkan daun bagian dalam terus tumbuh.

Ketika Anda telah memanen apa yang tampak seperti semua daun dari tanaman, potong tanaman sekitar 1 inci di atas tanah dan mereka akan bertunas kembali, atau Anda dapat memperbanyaknya dalam air.

Tanaman yang tumbuh kembali akan lebih kecil, tetapi tetap enak. Bibit muda dan lembut yang diambil selama penjarangan dapat ditambahkan ke salad atau ditambahkan ke masakan tumis.

Cara menanam bok choy di pot

Menanam bok choy dalam pot dapat dilakukan jika Anda tidak ingin menanamnya di luar ruangan atau perlu menempatkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari, tetapi mungkin tidak memiliki kondisi tanah yang terbaik.

Anda membutuhkan pot besar dari bahan apa pun dan dengan lubang drainase yang cukup. Pot harus berukuran setidaknya 12 inci lebar dan 20 inci untuk satu tanaman dan dua kali lipat ukuran untuk lebih banyak tanaman.

Isi pot dengan media tanam ringan yang mengering dengan baik, tetapi jangan gunakan tanah padat biasa. Media tanam yang baik bisa berupa campuran gambut, kompos, dan kulit kayu yang dikeringkan dengan baik.

Tempatkan pot di tempat yang menerima sinar matahari minimal 6 jam. Sirami tanaman secara teratur tanpa membiarkan tanah menjadi kering saat disentuh.

Siram sedekat mungkin dengan tanah tanpa membiarkan kelembapan mengenai daun.

Hama dan penyakit

Bok choy biasanya tidak terkena penyakit brassica yang paling umum. Namun, ini menarik bagi banyak serangga hama, termasuk pengganggu kubis dan cacing kubis.

Kumbang kutu dapat membuat teka-teki pada daunnya. Siput, lalat putih, dan kutu daun juga dapat merusak daun. Tutup pot bok choy dengan jaring untuk melindunginya dari hama dan serangga.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/02/192000376/cara-menanam-bok-choy-sayuran-yang-cocok-dibuat-sup-dan-tumis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke