Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tanaman Hias yang Membutuhkan Sedikit Sinar Matahari

Tanaman yang tidak mendapat cukup sinar matahari biasanya akan menunjukkan tanda-tanda masalah, di antaranya tanaman layu, daun tanaman menguning, tanaman tidak tumbuh besar atau tinggi, hingga tanaman mati.   

Namun, ada sebagian tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari terlalu sering atau penuh.

Pasalnya, paparan sinar matahari yang terlalu sering dan secara langsung justru bisa menghambat pertumbuhan tanaman tersebut, bahkan membuat tanaman mati. 

Tak heran, bila tanaman-tanaman tersebut cocok dirawat di dalam ruangan atau menjadi tanaman indoor sehingga cocok untuk mereka yang sibuk. 

Nah, berikut ini enam tanaman hias yang membutuhkan sedikit sinar matahari dilansir dari laman Taste of Home, Kamis (23/9/2021). 

Chinese evergreen

Tanaman Chinese evergreen, yang juga dikenal sebagai aglonema, hadir lebih dari 20 varietas unik. Tanaman hias ini membutuhkan tanah yang lembap, tetapi harus menghindari suhu dingin dan sinar matahari yang berlebihan.

Ketika merawatnya seperti menyiram dan memberikan pupuk, pastikan mengenakan sarung tangan jika Anda memiliki kulit sensitif karena jus tanaman dapat menyebabkan iritasi. 

Biasanya, tanaman hias Englis ivy ditanaman dalam pot gantung, tetapi ada juga yang diletakkan di meja atau di lantai.

Guide to Houseplants menyarankan mempertahankan tanah yang lembap secara merata sepanjang tahun agar daun tanaman tidak mengering (meski sedikit lebih kering selama musim dingin). Anda dapat memperbaiki drainase dengan lapisan kecil kerikil di bagian bawah pot. 

Lidah mertua 

Sansevieria, yang juga dikenal sebagai tanaman lidah mertua atau snake plant, mudah dikenali dari daunnya yang panjang dengan garis-garis kuning atau putih keperakan.

Lidah mertua juga dikenal sebagai salah satu tanaman hias yang paling mudah untuk tumbuh. Tanaman hias minim sinar matahari ini cocok dengan penyiraman sedang. 

Biarkan tanah benar-benar kering sebelum menyiram tanaman, lalu periksa tanah setiap dua minggu sekali sebelum menyiram tanaman kembali. 

Lucky bamboo merupakan tanaman hias minim sinar matahari dan membutuhkan cahaya tidak langsung sehingga sangat cocok untuk kamar mandi atau perkantoroan. 

Menurut laman Gardening Know How, akar tanaman hias iniperlu ditutupi air serta mengganti air setiap dua hingga empat minggu.

Selain itu, Anda perlu memindahkan tanaman bambu keberuntungan ke tanah dengan drainase yang baik dan sering menyiraminya, tetapi berhati-hatilah untuk menghindari genangan air. 

Dumb cane 

Dumb cane atau Dieffenbachia berasal dari Meksiko, Hindia Barat, dan selatan Argentina. Tanaman hias ini memiliki batang lurus dengan bintik-bintik putih dan hitam.

Tanaman hias minim sinar matahari ini hadir dalam lebih dari 50 spesies serta tumbuh paling baik di suhu hangat dan iklim kering meski tanahnya membutuhkan kelembapan sedang. 

Tanaman hias minim sinar matahari ini memiliki daun yang lebat dan mudah dirawat, tetapi paling baik di lingkungan yang lembap seperti terarium.

Tanaman hias ini bisa tumbuh antara 15 hingga 30 sentimeter sehingga membuat cocok untuk diletakkan di ruang kecil.

Selain membutuhkan minim sinar matahari, Gardening Know How menyarankan menjaga suhu ruangan antara 18-23 derajat Celsius dan jauhi dari pemanas atau jendela berangin agar tanaman persahabatan bisa tumbuh sumbur. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/23/132500476/6-tanaman-hias-yang-membutuhkan-sedikit-sinar-matahari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke