Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mendekorasi Ruang Makan Kecil

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah dengan ruang makan luasan terbatas merupakan sebuah tantangan saat mendekorasinya. Terlebih, ketika ruangan tersebut merupakan ruangan yang sama dengan ruangan yang lainnya.

Melansir dari Ideal Home, Kamis (16/9/2021), untuk mendapatkan ruang makan kecil yang tepat, ada beberapa pertimbangan utama, mulai dari pemilihan warna, tata letak, hingga pemilihan furnitur.

Berikut tips untuk mendekorasi ruang makan kecil yang lebih nyaman.

Kurangnya tempat untuk meletakkan meja makan yang besar, membuat meja makan mutifungsi menjadi pilihan yang bagus.

Anda dapat menggunakan meja makan lipat yang tidak membuat ruangan semakin kecil, karena setelah digunakan meja ini dapat dilipat dan menghemat ruang.

Gunakan sudut dapur atau ruang tamu untuk meletakkan meja lipat serbaguna tersebut.

2. Jangan takut menggunakan warna yang lebih gelap

Ketika berbicara tentang ide cat ruang makan, Anda tidak perlu menghindari penggunaan warna biru tua atau abu-abu tua di ruangan kecil. 

Warna lebih gelap dapat memberikan nuansa intens di dalam ruang makan, sehingga dapat membangkitkan suasana intim dan nyaman.


3. Gantung lampu di atas meja

Anda masih dapat membuat titik pembicaraan di ruang kecil dengan ide pencahayaan ruang makan yang dramatis. Warna lampu rotan sederhana bisa menjadi titik fokus yang besar saat Anda bermain dengan proporsi dan kebesaran.

Untuk kesan glamor yang instan, lampu gantung kaca modern juga akan menjadi pemandangan bagi tamu makan malam.

4. Padu padankan tempat duduk

Jika jarak di sekitar meja makan Anda sempit, pikirkan tentang tempat duduk dengan tapak kecil yang tidak akan menonjol terlalu jauh dari tepinya.

Kursi makan dengan profil ramping, kaki tipis atau bingkai terbuka akan membantu menciptakan kesan ruang dan tidak membuat terlalu banyak penghalang visual saat melihat ke seluruh ruangan.

5. Penyimpanan

Lemari atau bufet besar dapat memenuhi ruang makan kecil dan menyedot cahaya dari ruangan, jadi cobalah rak terbuka sebagai alternatif.

Unit berbingkai tipis yang berdiri bebas masih memberikan pandangan yang jelas ke dinding dan rak kaca yang nyaris tidak ada memungkinkan cahaya mengalir masuk.

Dengan semua yang dipajang, penting untuk tidak terlalu banyak mengisi dan mengacaukan rak. Atur barang berdasarkan jenisnya, jadi gelas di satu rak, mangkuk di rak lain, untuk hasil akhir yang menyenangkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/16/114000776/tips-mendekorasi-ruang-makan-kecil-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke