Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Rol Cat yang Kering dan Keras agar Empuk Kembali

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika selesai digunakan untuk mengecat dinding, bulu-bulu di rol cat atau kuas rol biasanya akan jadi mengering bersamaan dengan cat dinding yang digunakan.

Apabila rol cat sudah kering dan mengeras, tentu itu membuatnya tidak bisa dipakai lagi untuk mengaplikasikan cat ke dinding.

Untungnya, rol cat yang sudah kering dan mengeras bisa diatasi agar, sehingga kamu tidak harus membeli rol cat yang baru.

Dikutip dari kanal YouTube Tukang Rumah Channel, Selasa (13/7/2021) berikut ini cara membersihkan rol cat yang kering dan mengeras agar empuk kembali.

Alat dan bahan yang dibutuhkan

  • Sekrap
  • Ember
  • Bak cat rol
  • Thinner atau bensin
  • Deterjen
  • Air hangat

Cara membersihkan rol cat

1. Tuang thinner

Tuangkan thinner ke dalam bak cat rol sebanyak 100 ml untuk meluruhkan sisa cat yang mengering di rol cat.

2. Basahi rol cat dengan thinner

Basahi semua permukaan rol cat yang sudah kering dengan thinner. Kamu cukup mengoleskan rol cat ke bak cat rol yang berisi thinner. Pastikan rol cat yang sudah kering menyerap cairan thinner.

3. Kerok rol cat

Setelah thinner meresap, kerok rol cat yang sudah kering menggunakan sekrap. Pastikan sisa cat yang mengering terlepas dari seluruh bulu-bulu rol cat.


4. Siapkan air sabun hangat

Tuang air hangat ke dalam ember dan tambahkan detergen secukupnya, lalu aduk sampai larut merata.

5. Bersihkan rol cat

Lepas rol cat dari besi tangkainya, lalu rendam rol cat di ember yang berisi air sabun hangat. Gosok-gosok bulu cat rol sampai bersih untuk menyingkirkan sisa cat yang masih ada.

6. Bilas sampai bersih

Setelah dirasa bersih, bilas rol cat dengan air bersih sampai tidak ada lagi busa sabun detergen. Rol cat pun bisa kamu gunakan kembali.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/13/111800476/cara-membersihkan-rol-cat-yang-kering-dan-keras-agar-empuk-kembali

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke