Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab Kerontokan Bulu pada Hamster dan Cara Mengatasinya

Meski begitu, ini bukan hal umum yang dialami hamster. Lalu, apa penyebab kerontokan pada bulu hamster dan bagaimana cara mengatasinya?

Melansir dari Pop Sugar, Minggu (11/07/2021), berikut ini penyebab dan cara mengatasi kerontokan bulu pada hamster menurut para ahli.

Penyebab kerontokan bulu hamster

Menurut Susan Brown, pendiri Rumah Sakit Burung dan Hewan Eksotis Midwest di Elmwood Park, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa penyebab kerontokan bulu pada hamster bisa karena penyakit dan kondisi non-penyakit.

Salah satu penyebab non-penyakit ialah gesekan yang ketika berada di kandang menjadi salah satu penyebab kerontokan dan kebotakan pada hamster. Gesekan terus-menerus dapat mengikis bulu di area tertentu.

Selain itu, kerontokan yang diakibatkan penyakit ialah tungau. "Tungau Demodex adalah parasit eksternal paling umum yang menyebabkan masalah pada hamster. Kehadiran tungau ini menyebabkan kulit kering, bersisik dan rontok," kata Brown.

Penyebab potensial lainnya, kata Brown, seperti tumor adrenal, defisiensi tiroid, interaksi dengan teman sekandang, dan penyakit ginjal kronis.

Christoph Mans, profesor klinis kedokteran zoologi di University of Wisconsin, mengatakan, dalam beberapa kasus, gesekan kulit penyebab kerontokan bulu pada hamster perlu diagnosis lebih lanjut.

Namun, cobalah tidak khawatir karena hal itu  bisa diobati meski masalah medis yang serius sekali pun.

Jika hamster terinfeksi tungau, dokter hewan akan menyarankan membersihkan kandang hamster secara teratur.

Solusi lain adalah meresepkan sejumlah antibiotik untuk mengatasi situasi tersebut. Obat-obatan juga perlu diberikan secara oral, salep untuk kulit, atau melalui suntikan.

Penting untuk diingat bahwa perawatan harus melampaui resolusi tanda-tanda klinis. Menurut Mans, pastikan menyelesaikan perawatan secara menyeluruh agar penyebab kerontokan bulu pada hamster benar-benar hilang dan tidak kembali menyerang .

Selain itu, pastikan memberikan obat yang sesuai dengan resep dokter untuk mencegah hamster kelebihan atau kekurangan dosis.

Untuk mengetahui lebih jelas penyebab kerontokan bulu pada hamster, kamu bisa langsung membawanya ke dokter hewan untuk memperoleh penanganan tepat.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/11/132500976/penyebab-kerontokan-bulu-pada-hamster-dan-cara-mengatasinya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke