Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Ide Pencahayaan di Ruang Keluarga

Karena itu, ruang keluarga harus memiliki pencahayaan tepat untuk penggunaan yang tepat. Ada tiga jenis pencahayaan utama yang harus dimiliki ruang keluarga, yakni ambient (seluruh pencahayaan), pencahayaan tugas, serta lampu aksen untuk menyorot area atau objek tertentu yang menarik. 

Namun, apa pun jenis pencahayaan yang dibutuhkan, berikut ini lima ide pencahayaan di ruang keluarga yang bisa menjadi inspirasi dilansir dari laman Family Handyman, Minggu (4/7/2021). 

Pencahayaan overhead

Ketika berbicara tentang pencahayaan overhead secara keseluruhan, pilihannya hampir tidak terbatas. Cahaya ini dapat digunakan untuk memamerkan kepribadian Anda.

Jadi, pilihlah lampu hias kontemporer, bahkan lampu gantung, tergantung pada gaya Anda. Coba liontin tiga lampu dari Kenroy Home. Warna gabus menciptakan kontras yang memukau dengan perangkat keras baja yang disikat. 

Pencahayaan track

Pencahayaan track atau track lighting dapat meningkatkan area ruang keluarga yang mungkin membutuhkan sedikit cahaya ekstra. Lampu track individu dapat diputar dan diarahkan ke sebuah karya seni atau sudut yang gelap di ruangan. 

Pencahayaan tugas

Ide pencahayaan di ruang keluarga selanjutnya adalah pencahayaan tugas atau task lighting. Pencahayaan ini memberikan peningkatan cahaya untuk tugas tertentu seperti membaca, kerajinan tangan, atau mengisi teka-teki silang. 

Pencahayaan ini bisa diletakkan di meja atau menjadi lampu lantai untuk menambahkan sedikit cahaya tepat di tempat yang dibutuhkan.

Saat memilih pencahayaan tugas, cobalah untuk tetap menyesuaikan dengan gaya dekorasi Anda.

“Jika memiliki dekorasi kontemporer atau modern, Anda akan menginginkan lampu meja kontemporer atau modern. Apakah lemari dan laci Anda memiliki pegangan nikel atau perunggu yang digosok? Cocokkan (atau lengkapi) lampu meja Anda dengan sentuhan akhir lainnya di ruangan jika memungkinkan,” menurut Jackie Bowen, spesialis pencahayaan Lightology. 

Lampu busur

Jika tidak memiliki pencahayaan overhead, Anda dapat memiliki sumber cahaya pusat dengan lampu busur. Lampu busur atau arc lamp merupakan lampu lantai yang cukup tinggi sehingga tidak perlu khawatir kepala bakal terbentur.

Lampu ini bekerja paling baik dalam pengaturan kontemporer karena umumnya memiliki tampilan modern. 

Pencahayaan aksen

Terakhir, ide pencahayaan di ruang keluarga dapat menggunakan pencahayaan aksen. Pencahayaan aksen dapat menonjolkan berbagai titik fokus di ruang kelaurga, termasuk karya seni atau fitur arsitektur yang unik.

Jenis pencahayaan ini dapat mencakup lampu gambar dan tampilan, lampu sorot, dan lampu meja. Lampu ini memiliki cahaya yang akan menambahkan cahaya halus ke ruang keluarga dan aman digunakan pada karya seni.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/04/110000076/5-ide-pencahayaan-di-ruang-keluarga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke