Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Jenis Tanaman Hias Merambat yang Bisa Mempercantik Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias merambat adalah salah satu jenis tanaman yang bisa digunakan untuk mempercantik rumah maupun pekarangan atau taman.

Beragam jenis tanaman hias merambat bisa digunakan sebagai alternatif untuk dekorasi ruangan yang estetik dan meneduhkan.

Oleh karena itu, selain tanaman hias yang diletakkan ke dalam pot, kamu mungkin juga perlu mengisi rumahmu dengan tanaman hias rambat agar semakin cantik dan asri.

Dikutip dari kanal YouTube Fifteen, Rabu (30/6/2021), berikut ini 10 jenis tanaman hias merambat yang bisa mempercantik rumah.

1. Daun Dollar

Memiliki nama latin Ficus pumila, daun dollar adalah tanaman merambat daun yang memiliki akar yang kuat.

Daun dollar sering dijadikan sebagai tanaman rambat untuk dinding maupun pagar rumah. Daun dollar yang memiliki warna hijau dapat memberikan kesan sejuk dan teduh.

2. Morning Glory

Morning glory adalah tanaman hias merambat yang memiliki bunga berwarna cerah dan begitu cantik, sehingga dapat menyegarkan mata.

Selain itu, morning glory juga begitu mudah dalam perawatannya, yang mana tanaman ini dapat ditanam di segala tempat, seperti dinding rumah maupun pagar rumah.

3. Melati Irian

Melati Irian atau disebut sebagai flame Irian adalah tanaman yang mudah beradaptasi pada iklim tropis. Bunga ini memang jenis tanaman merambat berbunga yang berasal dari Papua.

Memiliki warna bunga merah cerah yang begitu cantik, melati Irian biasanya ditempatkan pada kanopi.

4. Alamanda

Alamanda adalah tanaman merambat yang mampu menghidupkan suasana taman dengan warna bunganya yang kuning terang. Biasanya bunga ini ditempatkan pada kanopi atau taman.

Alamanda merupakan tanaman yang mudah dirawat dan memiliki proses pertumbuhan yang cepat.

5. Sirih Merah

Sirih merah merupakan salah satu tanaman hias merambat daun yang juga disebut sebagai apotek hidup, karena memiliki khasiat dalam hal medis.

Tanaman ini banyak ditanam karena mudah dirawat dan sangat cocok menghiasi pekarangan.

6. Air Mata Pengantin

Tanaman ini pada awalnya hanya dianggap sebagai tanaman gulma, karena saking gampangnya untuk bertumbuh.

Memiliki warna bunga yang cantik, yakni merah muda, air mata pengantin banyak ditemui pada pekarangan rumah tanpa ditanam.

7. Zebrina Pendula

Zebrina pendula merupakan tanaman hias merambat daun yang unik dengan warna daun berpola hijau, ungu, dan putih.

Tanaman merambat satu ini banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat, diantaranya sebagai obat bisul.

8. Photos Scandes

Photos scandes memiliki kemiripan dengan tanaman daun dollar, baik dari bentuk maupun sifatnya, yaitu akarnya yang mampu mencengkram kuat pada permukaan yang kasar.

Tanaman photos scandes lebih cocok ditanam pada lahan yang luas, karena tanaman ini dapat tumbuh hingga tinggi mencapai 6 meter.


9. Mandevilla

Dengan warna bunganya yang cantik dan terlihat feminim, tanaman merambat ini begitu populer ditanam pada dinding atau pagar rumah.

Mandevilla membutuhkan banyak sinar matahari, untuk itu tanaman ini cocok menempati tanaman hias outdoor. Tapi, rapikan tanaman mandevilla ini agar tidak terkesan tanaman liar.

10. Petrea Volubilis

Walaupun berasal dari Amerika Tengah, petrea volubilis cocok ditanam di Indonesia yang beriklim tropis. Karena warnanya yang sama-sama ungu, tampilan petrea volubilis terlihat mirip dengan bunga lavender.

Tanaman ini cocok ditanam di dinding maupun pagar rumah dan dapat berbunga di sepanjang batangnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/30/092500176/10-jenis-tanaman-hias-merambat-yang-bisa-mempercantik-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke