Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Landak Mini, Hewan Peliharaan Mungil untuk Anda yang Sibuk

JAKARTA, KOMPAS.com - Hewan peliharaan populer adalah kucing, anjing, atau ikan hias. Akan tetapi, Anda juga bisa memelihara landak mini, hewan peliharaan yang unik, mungil, dan menggemaskan.

Penampilan landak mini hampir sama dengan landak pada umumnya, hanya saja ukurannya mini. Yang menarik, tubuh landak mini ditutupi dengan duri-duri kecil yang tidak tajam dan ia akan berguling menjadi seperti bola saat ketakutan.

Nah, untuk Anda yang ingin memelihara landak mini, berikut beberapa hal yang perlu diketahui, seperti dikutip dari The Spruce Pets, Jumat (18/6/2021).

Landak mini dikenal juga dengan nama landak kerdil Afrika. Hewan lucu ini memiliki panjang tubuh antara 5 hingga 8 inci, dengan rata-rata usia 5 tahun.

Seperti namanya, landak mini berasal dari Afrika tengah dan timur tetapi sebagian besar landak ini sebenarnya adalah hibrida dari dua spesies, yakni landak berjari empat dan landak Aljazair.

Di alam liar mereka juga hidup terutama dengan memakan serangga kecil, belatung, siput, laba-laba, dan vertebrata kecil.

Makanan landak mini

Tidak seperti kebanyakan hewan peliharaan mungil lainnya, landak dianggap pemakan serangga dan makhluk bermoncong ini memiliki selera yang cukup untuk hal-hal yang merayap dan merangkak.

Mealworm dan jangkrik adalah serangga yang paling sering diberikan kepada landak mini di penangkaran, tetapi makanan pokok landak mini harus berupa makanan khusus yang dibeli di toko dan diformulasikan secara khusus.

Makanan berbentuk kibble ini dibuat dari serangga bersama dengan vitamin dan mineral untuk menciptakan diet seimbang yang diformulasikan khusus untuk landak mini.


Banyak pemilik dan peternak masih memberikan makanan kucing kepada landak mini, tetapi ini tidak ideal karena makanan kucing tidak mengandung tepung darah dan kitin di dalamnya.

Memelihara landak mini sebagai hewan peliharaan

Kandang yang dibuat untuk hamster dan kelinci cocok untuk landak mini, tetapi dasar kandang yang terbuat dari kawat jeruji harus dihindari karena landak mini memiliki kaki kecil yang akan terluka jika jatuh melalui jeruji tersebut.

Tempat tidur lembut seperti terbuat dari bahan kertas daur ulang atau handuk yang diganti secara teratur adalah yang terbaik untuk kaki landak mini yang sensitif.

Roda lari besar yang tertutup harus disimpan di dalam kandang agar landak mini dapat berolahraga bersama dengan kotak persembunyian, mangkuk makanan, dan botol air.

Pastikan roda berjalan dibersihkan secara teratur untuk menghindari kotoran menumpuk yang dapat menyebabkan infeksi kaki.

Landak sangat aktif di malam hari dan akan berlari beberapa mil sehari di atas roda lari mereka atau di area bermain tertutup mereka.

Aktivitas landak mini yang aktif di malam hari ini tentu cocok untuk Anda yang sibuk, dan baru bisa berinteraksi dengan hewan peliharaan setelah bekerja.

Jika landak mini tidak dapat melakukan banyak olahraga yang mereka butuhkan, mereka mungkin menjadi depresi, kelebihan berat badan, dan mengalami luka kaki. Latihan dan aktivitas sangat penting bagi landak sehingga pemilik harus dapat berkomitmen untuk dapat menyediakan ruang yang diperlukan bagi landak untuk melakukannya.

Perawatan landak mini

Landak mini jelas memiliki banyak duri berduri, tetapi itu tidak berarti mereka tidak menyenangkan untuk dipegang. Landak jinak akan merangkak ke tangan Anda, mengambil camilan dari Anda dan bahkan menikmati digendong sebentar.

Landak mini yang lebih muda lebih mudah dijinakkan daripada yang lebih tua. Oleh karena itu, peluang terbaik Anda untuk memiliki landak yang suka dipegang adalah dengan memeliharanya sejak usia sekitar enam hingga delapan minggu.


Biasanya, landak mini tidak suka kepalanya dibelai dan akan menggelinding menjadi bola berduri saat ketakutan. Karena bukan penggemar berat air, jika Anda kesulitan membersihkan kaki landak mini, cobalah menempatkannya di bak mandi dangkal yang hanya direndam dalam air atau membiarkannya berjalan di atas handuk basah.

Kesehatan landak mini

Penyakit gigi, masalah kulit termasuk infestasi tungau dan kutu, parasit usus, dan tumor bisa menjadi masalah bagi landak mini. Mandi dan sterilisasi dianjurkan untuk menghindari tumor organ reproduksi dan penyakit lain di kemudian hari.

Pemeriksaan gigi menyeluruh pada kunjungan dokter hewan rutin dan pembersihan gigi sesekali di bawah anestesi dianjurkan untuk mencegah hedgie Anda kehilangan gigi atau mengembangkan masalah gigi lainnya.

Beberapa pemilik dapat menyikat gigi landak mini mereka menggunakan pasta gigi kucing dan sikat gigi kepala kecil atau aplikator berujung kapas setiap minggu, tetapi ini sangat jarang terjadi.

Kehilangan tulang belakang normal dalam jumlah kecil, tetapi jika landak mini kehilangan begitu banyak duri sehingga memiliki bagian yang botak, mungkin ada masalah medis. Infestasi parasit seperti tungau adalah alasan paling umum untuk kehilangan tulang belakang yang berlebihan.

Jika landak mini Anda kehilangan banyak duri, inilah saatnya untuk memeriksakannya ke dokter hewan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/18/084643676/landak-mini-hewan-peliharaan-mungil-untuk-anda-yang-sibuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke