Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Kucing British Shorthair yang Dipelihara Gisella Anastasia

Salah satunya, artis sekaligus penyanyi Gisella Anastasia atau akrab disapa Gisel. Mantan istri Gading Marten ini memelihara tiga kucing ras British shorthair sekaligus. 

Pertama, British Shorthair berwarna abu-bu yang diberi nama Gula. Kedua, berwarna abu-abu bernama Ben. Ketiga, berwarna putih bernama Pillo.

Selain, Gisel, ada selebritas Nagita Slavina. Istri Raffi Ahmad ini memelihara satu kucing British shorthair yang diberi nama Miaw Sauce. Tak tanggung-tanggung, kucing berwarna putih itu didatangkan langsung dari Rusia. 

Lantas, apa sih istimewa kucing British shorthair? Melansir dari laman Pills Pets dan The Spruce Pets Senin (7/6/2021), berikut ini sejumlah fakta unik tentang kucing British shorthair. 

Selain itu, kucing British shorthair memiliki penampilan yang bulat dan gembul. Hampir semua bagian tubuhnya berbentuk bulat.

Mulai dari, kepala bulat, mata bulat, pipi bulat atau tembem, cakar bulat, hinggga ekor dengan ujung membulat. 

Penampilan ini membuatnya terlihat lucu dan menggemaskan sehingga siapa pun yang melihat British shorthair akan langsung tertarik atau jatuh hati. 

Rupanya, hal inilah yang membuat kucing British shorthair menjadi salah satu ras kucing favorit yang banyak dipelihara serta menjadi ras kucing paling populer kelima di Amerika pada 2014. 

Selain itu, kucing ini juga mandiri, suka bermain sendirian, dan tidak membutuhkan perhatian setiap jam. Namun, jika ingin bermain, British Shorthair akan menemukan seseorang dan membawakan mainan untuk orang itu.

Ras kucing ini disebut-sebut sebagai sahabat terbaik untuk mereka yang masih lajang. 

Sejarah British shorthair

Sesuai dengan namanya, British shorthair berasal dari Inggris dan merupakan salah satu ras kucing tertua di Inggris. Namun, sebenarnya, British shorthair masih memiliki akar dengan Romawi.

Kabarnya, ketika pasukan Romawi menyerbu Inggris selama periode ekspansi kerajaan, negara ini membawa kucing British shorthair dalam peperangan untuk melindungi persediaan makanan mereka dari hewan pengerat. 

Kucing-kucing itu kemudian menjajah daerah tersebut dan menjadi kucing jalanan yang umum ditemui di sana selama berabad-abad.

Namun, pada akhir 1800-an, seorang pria Inggris bernama Harrison Wier dianggap sebagai peternak kucing pertama yang bertanggung jawab menjinakkan kucing jalanan British shorthair melalui program pembiakan dan pembiakan silang secara selektif. 

Hingga akhirnya, menciptakan kucing yang kita kenal sekarang sebagai British shorthair.
Ras ini hampir tidak ada lagi selama masa ekonomi sulit Perang Dunia II.

Namun, setelah perang, garis keturunan dari British shorthair yang tersisa disilangkan dengan ras lain, termasuk Domestik shorthair, Russian blue, dan kucing Persia untuk mempertahankan keberadaan mereka. 

Organisasi kucing pertama yang mengakui keberadaan ras kucing British Shorthair adalah American Cat Association pada 1967, kemudian diikuti International Cat Association pada 1979 dan Cat Fanciers Association pada 1980. 

Bulu tebal ini juga relatif keras karena berfungsi melindungi kucing dari cuaca, terlebih saat cuaca atau musim dingin.

Untuk itu, penting menjaga dan merawat bulu British shorthair. Sisir bulu kucing setiap hari, terutama selama perubahan musim ketika bulu menebal atau menipis. 

Sebab, apabila tidak rutin disisir, bulu kucing British shorthair akan sangat mudah kusut atau menggumpal di tubuhnya.

Beri makan kucing British shorthair dalam jumlah proporsional yang sesuai dengan usia, aktivitas, dan tingkat energinya. 

Selain itu, kucing British shorthair juga harus mendapatkan latihan yang cukup. Permainan interaktif mungkin diperlukan untuk menjaga kesehatan dan berat badan kucing. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/07/180525776/mengenal-kucing-british-shorthair-yang-dipelihara-gisella-anastasia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke