Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Membuat Lemari Modular di Dapur

JAKARTA, KOMPAS.com-- Dapur adalah tempat kita menyiapkan makanan. Untuk itu, ruangan ini diharapkan selalu rapi dengan barang-barang yang tersimpan di ruang penyimpanan.

Jika kamu ingin mewujudkan ini, kamu bisa menambahkan lemari modular yang bisa kamu pesan secara custom.

Penyimpanan modular akan membuat dapur rapi dan terlihat cantik karena desain penyimpanan yang seragam. 

Namun, jika ini adalah kali pertamamu memasang lemari penyimpanan modular, ada beberapa hal yang perlu diingat untuk memastikan kamu mendapatkan manfaat terbaik dari dapur baru.

Berikut adalah tips mewujudkan lemari modular pada dapur seperti dilansir dari Roohome, Selasa (1/6/2021).

1. Buat konsep segitiga 

Segitiga dapur merupakan wastafel, lemari es, dan kompor, yang menjadi komponen paling penting dan paling sering digunakan di dapur.

Sebagian besar desain tata letak dapur modular bergantung pada segitiga ini. Oleh karena itu, sangat penting untuk merancang tiga elemen terpenting dari dapur untuk memastikan kamu dapat bergerak dan bekerja di dapur dengan lancar.

2. Pertimbangkan kebutuhanmu

Hal terbaik tentang dapur modular adalah dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan pilihan. Inilah sebabnya mengapa selalu disarankan untuk mempertimbangkan kebutuhanmu saat mendesain desain dapur modularmu.

Satu hal yang sering diabaikan orang adalah ketinggian meja. Kamu akan menghabiskan seluruh waktu dapur untuk bekerja di atas meja.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memastikan bahwa ketinggiannya harus sesuai dan memungkinkan kamu bisa memasak dan meracik bumbu atau membuat kue dengan nyaman.

Saat kamu merancang interior dapur modular, satu hal yang harus kamu perhatikan adalah tema warnanya.

Meskipun memilih palet warna yang tepat penting penting untuk semua ruangan, tapi untuk dapur, kamu harus sedikit ekstra hati-hati.

Dapur adalah area yang rawan tumpahan makanan, dan inilah mengapa dinding warna terang bisa berisiko.

Kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih warna-warna ceria seperti kuning, oranye dan hijau akan memicu selera makan sebagai pilihan populer untuk interior dapur modular.

4. Jangan lupakan pencahayaan dapur

Jika berbicara tentang dapur, pencahayaan alami adalah suatu keharusan.

Hal ini akan membantumu melihat makanan apa adanya dan juga membuat dapur tampak lebih hidup dan positif. Namun, penting juga untuk memasukkan beberapa sumber cahaya buatan di dapur.

Sumber cahaya di atas menerangi meja, tempat sebagian besar kamu menyiapkan bahan-bahan masakang. Lampu di bawah kabinet juga menjadi sangat populer untuk dapur modular.

Saat mendesain tata letak dapur modular, ruang sudut sering diabaikan. Padahal, ruang-ruang ini bisa menjadi surga penyimpanan yang dapat membantumu menyimpan semua kebutuhan dapur.

Penata ruangan profesional dapat membantumu membuat desain dapur modular terbaik dengan penggunaan ruang sudut yang optimal.

6. Sembunyikan tempat sampah

Sebagian orang lebih suka meletakkan tempat sampah berada di tempat yang mudah dijangkau agar nyaman membuang sampah.

Namun, dapur modular dapat memberimu solusi terbaik untuk menyembunyikan tempat sampah itu, sekaligus membuatnya tetap mudah diakses. Ini tidak hanya bagus untuk estetika dapur, tetapi juga merupakan pilihan yang lebih higienis.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/01/185134976/6-tips-membuat-lemari-modular-di-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke