Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan karena Melihat Hantu, Ini Alasan Anjing Melolong

JAKARTA, KOMPAS.com-- Lolongan anjing selalu dikaitkan dengan malam mencekam dan kehadiran makhluk astral. Padahal, mitos itu tidaklah benar, anjing memiliki alasannya tersendiri mengapa ia melolong.

Peneliti percaya bahwa lolongan anjing terikat pada genetika anjing. Ras anjing purba dikenali karena seberapa dekat DNA mereka cocok dengan serigala tempat mereka diturunkan.

Berikut adalah beberapa alasan dan penjelasan mengapa anjing melolong seperti dilansir dari Dogster, Rabu (19/5/2021).


Di alam liar, serigala dan anjing liar melolong untuk membawa anggota kelompok agar kembali ke kawanannya setelah berburu.

Anjing yang tertinggal melolong untuk memberikan lokasi markasnya. Anjing melolong bertindak sebagai semacam mercusuar pendengaran yang memandu anggota lainnya agar kembali bersama kelompok.

Lolongan anjing peliharaan bisa jadi ekspresi yang serupa, terutama jika kamu berada di luar rumah sepanjang hari. Anjing melolong untuk memberi isyarat kepada orang yang mereka cintai di rumah.

Anjing juga melolong untuk memperingatkan anjing lain bahwa area yang mereka masuki sudah diklaim kelompok lain.


Ini merupakan peringatan bagi pihak luar bahwa memasuki area ini bisa berisiko menimbulkan ancaman kekerasan.

Anjing yang melolong mengumumkan kehadiran mereka dan mengingatkan komunitas mereka akan keadaan yang berubah, karena kehadiran anjing asing.

Dalam konteks ini, anjing melolong berfungsi sebagai mekanisme pertahanan, menangkal pemangsa potensial dan memastikan keselamatan anjing dalam kawanan.

Dalam lingkungan rumah, beberapa anjing menggonggong, yang lain melolong ketika orang asing datang ke pintu atau mobil baru berhenti di jalan masuk.


bahwa anjing juga bisa sangat emosional seperti halnya manusia. Suara anjing melolong menarik perhatian pemiliknya.

Untuk itu, kamu harus memberikan perhatian pada anjing dan meluangkan waktu untuk mengajak mereka bermain.

Lolongan anjing juga bisa terjadi jika ditinggal pergi terlalu lama oleh pemiliknya. Ini merupakan salah satu ekspresi anjing atas perasaan kecemasan akan perpisahan.

Anjing yang tidak memiliki mainan atau barang yang cukup untuk menghiburnya saat pemiliknya tidak ada akan merasa sedih, kesepian, dan depresi.

Jadi, jawaban sedih untuk, "Mengapa anjing melolong?" bisa jadi anjing melolong sebagai protes karena ditinggal sendirian.

Anjing melolong juga bisa dipicu oleh lingkungan. Seperti suara ambulans, polisi atau sirene mesin pemadam kebakaran. Suara-suara ini adalah satu-satunya saat anjing saya melolong.

Suara sirene yang mendekat di kejauhan selalu mendorongnya untuk duduk dan ikut meraung. Alasannya masih belum pasti, karena anjing yang tidak pernah melolong mendengar suara anjing lain melolong. Mungkin nada sirene membangkitkan beberapa memori genetik yang tidak aktif.

Sebagian besar penelitian menegaskan bahwa lolongan anjing terjadi saat suara tertentu terdengar.

Perintah dan pemicu dapat berupa apa saja: musik dengan stereo di pesta, lagu tema televisi populer, atau suara alat musik.

Lolongan anjing juga bisa menjadi pertanda bahwa mereka sedang cedera atau sakit.  

Beberapa anjing juga dilatih untuk melolong ketika mereka menemukan sesuatu. Anjing pemburu berkembang biak melolong untuk menandakan pengejaran atau penangkapan mangsa.

Jika seekor anjing menginjak, memojokkan, atau menangkap sesuatu, ia mungkin melolong untuk mengingatkan pemiliknya tentang lokasi hadiah.

Apakah anjingmu suka melolong, atau "bernyanyi"?

Beberapa ras anjing cenderung lebih suka melolong. Ras yang dikenal karena melolong termasuk Alaskan Malamute, American Eskimo Dogs, Beagle, Coonhounds (Black and Tan, Bluetick, Redtick, Inggris, Redbone dan Treeing Walker), Dachshunds, Foxhounds (Amerika dan Inggris), Hounds (Bloodhound, Basset), Huskies ( Alaskan dan Siberia), Anjing Indian Amerika Asli dan Anjing Tamaskan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/19/141211476/bukan-karena-melihat-hantu-ini-alasan-anjing-melolong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke