Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanaman Indoor Mini yang Menggemaskan

JAKARTA, KOMPAS.com--Memiliki tanaman di dalam ruangan tak hanya akan membuat hunian menjadi cantik, tapi juga memberikan udara yang sehat.

Namun beberapa orang tak suka jika tanaman mereka tumbuh terlalu besar dan tak lagi terasa pas saat diletakkan di dalam ruangan.

Untuk kamu yang menyukai tanaman mini, berikut beberapa rekomendasi tanaman mini yang dilansir dari The Spruce, Rabu (12/5/2021).

Baby tears atau yang juga memiliki nama hemianthus micranthemoides. Merupakan tanaman mini yang juga memiliki daun yang kecil yang membuatnya dijuluki sebagai tanaman air mata


bayi.

Kamu bisa menumbuhkan baby tears di terarium kecil atau di bawah cloche kaca di dalam ruangan yang tetap mendapat sinar matahari. Tanaman ini sangat menyukai kelembaban yang akan membuatnya tetap subur.

String of pearls atau senecio rowleyanus memiliki daun dengan bentuk yang unik yakni bulat-bulat seperti untaian mutiara.

Daun-daunnya bahkan lebih mirip dengan kacang polong. Namun, bentuk daun unik inilah yang akan memaksimalkan retensi air sekaligus mengurangi penguapan, karena bentuknya ang kecil.


String of pearls akan menjuntai dengan anggun dari pot gantung kecil di ruangan yang hangat dengan cahaya, potong mutiaranya seperlunya untuk membentuk dan mengikatnya.

Tanaman yang termasuk dalam genus Tillandsia ini memiliki tubuh yang mungil. Air plant biasa bertengger di cabang-cabang di lingkungan yang hangat dan lembab.

Ia akan menyerap udara yang lembab menggunakan sisik yang ada pada daun runcingnya.

Pasang di kayu apung, atur di keranjang, atau buat terarium mini tanpa tanah untuk meletakkan tanaman ini.

Air plant tumbuh sangat lambat dan membutuhkan sedikit sinar matahari parsial. Untuk penyiraman, cukup celupkan media tanamnya ke dalam air agat tanaman tetap terhidrasi.

Kaktus anggur atau sedum morganianum adalah tanaman hias yang sempurna untuk mereka yang menyukai tanaman gantung.

Kaktus anggur memiliki daun yang berdaging dan segar yang membuat tanaman ini tahan akan kekeringan.

Kamu harus menanam kaktus anggur dalam campuran pot kaktus berpasir untuk mencegah busuk akar.

Jika kamu tidak sengaja mematahkan salah satu batangnya, jangan dibuang; ekor keledai mudah diperbanyak dengan stek.

Masukkan saja ujung potongan ke beberapa tanah, dan letakkan di bawah penutup yang jelas sampai membentuk akar.

Tanaman penangkap lalat Venus bisa menjadi tanaman hias kecil yang sempurna. Daun dari tanaman yang juga dikenal dengan nama dionaea muscipul ini memiliki tepi bergerigi seperti gigi yang dilengkapi dengan bulu-bulu yang bila disentuh dua kali, akan menutup.

Daun inilah yang akan memerangkap serangga seperti lalat buah yang selama ini sering mengganggu.

Tanaman unik ini memiliki beberapa persyaratan tumbuh yang sama uniknya. Mereka tumbuh dengan baik di media tumbuh lumut gambut, dan karena peka terhadap mineral sehingga membutuhkan air suling untuk menyiramnya.

Tambahkan cahaya terang dan suhu yang sejuk untuk memastikan tumbuhan insektivora Venusmubisa berumur panjang.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/12/142047776/tanaman-indoor-mini-yang-menggemaskan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke