Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Hanya Jadi Hiasan, Ini Manfaat Kaktus dalam Kehidupan Kita

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaktus merupakan nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae yang biasa ditemukan di daerah-daerah kering.

Memiliki ciri khas tampilan hijau berduri, kaktus dapat tumbuh dan bertahan hidup pada waktu yang lama tanpa air.

Pada saaat ini, banyak penghuni rumah menjadikan kaktus sebagai tanaman hias yang berguna untuk mempercantik dekorasi ruangan yang diletakkan di dalam pot yang lucu.

Meski kerap dijadikan sebagai tanaman hias, perlu kamu ketahui bahwa kaktus memiliki berbagai manfaat dalam kehidupan manusia.

Dikutip dari berbagai sumber, Selasa (20/4/2021), berikut ini adalah beragam manfaat yang diberikan kaktus dalam kehidupan manusia.

1. Sebagai sumber makanan

Mengutip channel Youtube Agronews TV Indonesia, disebutkan bahwa suku Indian dan suku-suku di Meksiko kerap menjadikan kaktus sebagai sumber makanan.

Mereka menyertakan kaktus dalam bahan pembuat sup dan salad. Jenis kaktus yang bisa dimakan di antaranya adalah jenis nopales.

Menjadikan kaktus nopales sebagai sumber makanan bukan tanpa alasan, karena kaktus jenis ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh manusia seperti serat, nutrisi, vitamin A, C, K, kalsium dan masih banyak lagi.

2. Sebagai sumber pengobatan

Bagi suku-suku pedalaman, kaktus dijadikan sebagai bahan pengobatan sejak ribuan tahun silam. Mereka menggunakan kaktus untuk dijadikan obat gatal-gatal dan pembengkakan akibat gigitan serangga.

Kaktus mengandung banyak serat yang bagus untuk sistem pencernaan tubuh. Daging buah kaktus juga bisa menurunkan kadar gula darah jika dikonsumsi sebanyak 150 gram rebusan kaktus perhari.

3. Sebagai perawatan kulit

kaktus dapat melindungi kulit dari iritasi dan peningkat imunitas yang tidak mempunyai efek samping.


Selain itu, jus kaktus dapat meremajakan kulit, menyegarkan, dan enak diminum. Ada beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam kaktus seperti thiamin, riboflavin vitamin A, D dan B 12 agar kulit menjadi halus.

Dengan kandungan antioksidan yang lebih tinggi 7 kali dari vitamin C, kaktus ampuh untuk menangkal tanda penuaan dan meningkatkan elastisitas kulit sekaligus mencerahkan dan merevitalisasi kulit.

4. Sebagai penawar racun

Karena memiliki kandungan zat penawar racun, kaktus ternyata dapat membersihkan air dari racun jenis arsenik.

5. Media penyimpan air

Mengutip channel RumahCactus Craft, saat seseorang kehabisan air di gurun, batang kaktus yang tebal sebenarnya menyimpan cadangan air yang aman untuk diminum.

Penelitian terbaru dari University of South Florida melakukan percobaan dengan menyaring getah dan menambahkan ke air kotor.

Getah kaktus dapat mengakibatkan sedimen dan bakteri bergabung, kemudian mengendap di bagian bawah dan memisahkan 98 persen bakteri dan air.

6. Sebagai penangkal radikal bebas

Kandungan flavonoid yang dimiliki kaktus terbilang tinggi, sehingga dapat mengaktifkan reaksi tubuh dalam melawan alergi dan virus.

7. Sebagai anti radiasi

Untuk kamu yang bekerja di depan laptop, kaktus, sukulen dan sejenisnya bisa digunakan untuk mengikat paparan radiasi dari layar laptop atau handphone.

8. Untuk pembersih udara ruang

Kaktus memiliki kemampuan untuk mengikat karbondioksida dan menghasilkan oksigen yang akan membuat udara ruang menjadi lebih segar.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/20/142355776/tak-hanya-jadi-hiasan-ini-manfaat-kaktus-dalam-kehidupan-kita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke