Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Ide Dekorasi Ramadan yang Akan Mempercantik Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramadan adalah bulan yang paling dinanti-nanti oleh umat Muslim di seluruh dunia, yang mana kegiatan beribadah lebih banyak dilakukan pada bulan ini.

Untuk semakin menyemarakkan suasana Ramadhan yang masih ada lebih dari 26 hari ke depan, beberapa ide dekorasi Ramadhan yang menyenangkan perlu kamu siapkan.

Tidak yakin harus mulai dari mana? Kamu selalu bisa memilih beberapa dekorasi Ramadhan klasik yang biasanya terdiri dari memajang lentera bercahaya, karangan bunga meriah, dan barang-barang yang dihiasi dengan atau dalam bentuk bulan dan bintang.

Atau kamu bisa mencari sesuatu yang lebih jelas seperti tanda bertuliskan Ramadhan Mubarak yang pada dasarnya memiliki arti Selamat Ramadhan.

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (15/4/2021), berikut ini 10 ide dekorasi Ramadhan yang bisa kamu terapkan di rumahmu.

1. Pasang lentera

Lentera adalah satu-satunya dekorasi Ramadhan yang digunakan secara universal di semua budaya Islam, dan sebagai bonus, kamu bahkan dapat mengecat set ini agar sesuai dengan dekorasimu yang lain.

2. Tempelkan stiker lentera di dinding

Jika kamu tidak ingin menggunakan lentera Ramadhan asli untuk dipajang, kamu bisa menggunakan stiker bergambar lentera Ramadhan yang ditempelkan ke dinding rumahmu.

3. Gunakan sarung bantal khusus bertema Ramadhan

Tambahkan sedikit semangat Ramadhan ke furniturmu pada tahun ini dengan menggunakan sarung bantal khusus bertema Ramadhan yang menakjubkan agar nuansanya semakin meriah.

4. Pasang kalender hitung mundur Ramadhan

Rayakan seluruh bulan Ramadhan dengan memasang kalender khusus untuk hitung mundur Ramadhan yang dekoratif dan lucu. Kalender ini bisa kamu temukan di berbagai toko online.

5. Stiker Dinding Bulan dan Bintang

Stiker bulan dan bintang terlihat bagus di dinding mana pun, terutama di pintu depan rumahmu yang bisa langsung menyapa tamu yang tiba di rumahmu.

6. Pajang karangan bunga akrilik

Karangan bunga akrilik sangat lucu sehingga kamu mungkin ingin menyimpannya sepanjang tahun.

7. Persiapkan sudut baca Ramadhan

Ramadhan adalah bulan peremajaan spiritual yang intens dengan fokus yang lebih tinggi pada pengabdian, membaca dan membaca kembali Alquran dan buku-buku dan artikel spiritual lainnya.

Berikan peningkatan pada ruang bacamu. Ruang khusus ini juga dapat digunakan untuk story time di mana kamu membacakan buku cerita bertema Ramadhan untuk anak-anakmu.


8. Buat rak khusus

Buat "rak" Ramadhan terbaik dengan menambahkan kartu berbingkai atau cetakan seni yang mengucapkan "Ramadhan Kareem" atau "Ramadhan Mubarak".

Jangan takut untuk menambahkan spanduk pesta ke rak bawaan atau ke rak bukumu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/15/161606476/8-ide-dekorasi-ramadan-yang-akan-mempercantik-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke