Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Alasan Wastafel Dapur Harus Dibersihkan dan Caranya

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain kompor dan peralatan dapur lainnya, wastafel di dapur menjadi tempat yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Mulai dari mencuci piring, gelas, hingga perlengakapan memasak lainnya seperti panci, penggorengan dan sebagainya.

Maka dari itu, dianjurkan untuk langsung mencuci piring setelah digunakan untuk menghindari penumpukan kotoran dari sisa makanan dan menyebabkan bau yang tak sedap.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Kamis (8/4/2021), penumpukan alami makanan lama dan kotoran dapat tertinggal dari saluran pembuangan dapur dan menyebar ke seluruh rumah Anda jika tidak dibersihkan dengan benar atau cukup sering.

Untuk menghindari hal tersebut, hendaknya membersihkan wastafel secara teratur, dengan berbagai bahan berikut. 

Langkah 1: Sanitasi Wastafel

Pertama, pastikan wastafel Anda benar-benar bersih dari makanan, cangkir kopi, atau piring kotor. Kemudian, bilas wastafel Anda dengan cepat untuk membersihkan remah-remah yang terlihat. Setelah selesai, ambil sarung tangan karet Anda dan bersiaplah untuk menggosok.

Cara Membersihkan Wastafel Stainless Steel

Baja tahan karat lebih tangguh dari kebanyakan bahan wastafel. Namun, musuh terbesar wastafel ini adalah makanan asam, pemutih, dan scrubber abrasif karena mereka dapat mengubah lapisan wastafel stainless steel.

Untuk alasan ini, hindari membiarkan makanan asam berada di wastafel untuk waktu yang lama, dan gunakan soda kue untuk membersihkan daripada semprotan berbahan dasar pemutih.

Mulailah dengan melapisi wastafel dengan soda kue dan menambahkan sedikit sabun cuci piring dan air panas ke spons Anda.

Saat menggosok wastafel, selalu mulai dengan sisi wastafel dan turun ke bawah, dorong kotoran langsung ke saluran pembuangan. Terus tambahkan sabun dan air sesuai kebutuhan, atau sampai permukaannya bebas dari buih.

Lalu bilas dengan air bersih. Baja tahan karat terkenal sering menunjukkan noda air, jadi pastikan untuk menyeka wastafel bersih Anda menggunakan kain mikrofiber yang mewah untuk mengeringkan dan mengilapkannya.

Cara Membersihkan Wastafel Berwarna Putih

Wastafel dapur berwarna putih paling rentan terkena karat dan cipratan makanan, belum lagi noda kopi. Gunakan hidrogen peroksida dan soda kue untuk membantu mengangkat noda dan mengembalikannya ke keadaan semula.

Pertama-tama, tepuk wastafel dengan kain basah sampai agak lembap, lalu taburkan soda kue ke baskom sampai tertutup sepenuhnya.


Selanjutnya, taburkan beberapa tetes kecil hidrogen peroksida di atas soda kue dan gunakan spons atau sikat untuk mulai menggosok. Setelah benar-benar digosok, cuci campuran tersebut di saluran pembuangan.

Cara Membersihkan Wastafel Porselen

Wastafel porselen mengkilap juga tidak asing dengan karat dan noda. Meskipun Anda dapat menggunakan metode yang sama seperti wastafel putih untuk membersihkan wastafel porselen, Anda sebaiknya menggunakan metode lain untuk menghilangkan karat untuk melindungi lapisan mutakhirnya.

Cukup taburkan garam pada separuh lemon dan gosokkan langsung pada karat sampai elemen-elemennya bekerja dengan ajaib.

Kemudian cuci bersih dengan air sabun hangat dan gunakan kain mikrofiber untuk mengeringkannya.

Langkah 2: Seka Keran dan Gagang

Apa pun bahannya, semua keran dan gagang dapat dibersihkan menggunakan air sabun. Gunakan spons atau sikat untuk mengelapnya dan sikat gigi untuk area yang sangat sulit dijangkau.

Masih melihat bintik-bintik putih setelah scrub Anda? Itu adalah penumpukan kapur dari mineral di air keran Anda. Menambahkan satu sendok penuh cuka ke dalam campuran air sabun dan melakukan scrub terakhir akan berhasil.

Langkah 3: Kosongkan Saluran Pembuangan

Agar dapur tidak memiliki aroma yang tidak sedap, selalu kosongkan saluran pembuangan wastafel karena penumpukan sisa kotoran atau makanan akan membuat wastafel berbau dan tidak bersih. Untuk membersihkannya, berikut caranya:

Bersihkan dengan Soda Kue dan Cuka Putih

Untuk membersihkan pembuangan wastafel, Anda membutuhkan soda kue dan cuka putih dengan rasio 1:2 (satu bagian soda kue dan dua bagian cuka putih).

Pertama-tama, masukkan soda kue ke saluran pembuangan, diikuti dengan menuangkan cuka putih secara perlahan. Tunggu selama 15 menit hingga dua bahan tersebut melakukan tugasnya, lalu bersihkan dengan air panas mendidih untuk menghilangkan sisa residu yang tersisa.

Membersihkan Pembuangan dengan Lemon, Garam, dan Es

Isi tempat pembuangan sampah Anda dengan beberapa irisan lemon, garam, dan es batu. Kemudian, dengan air dingin mengalir, hidupkan tempat pembuangan sampah hingga esnya habis. Garam dapat menggosok bilahnya sementara es membantu menghilangkan kotoran dan kotoran.

Garam kasar paling baik digunakan, jadi lihatlah garam batu atau garam laut jika Anda memiliki salah satunya. Sementara lemon berfungsi untuk membantu menghilangkan bau dan menciptakan aroma yang segar.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/08/192600676/ini-alasan-wastafel-dapur-harus-dibersihkan-dan-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke