Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Anjing Bisa Melihat Hantu? Ini Penjelasannya

JAKARTA, KOMPAS.com — Mitos tentang kemampuan anjing untuk melihat makhluk astral banyak dipercaya oleh orang. Hal ini cukup beralasan mengingat anjing memiliki indra yang luar biasa.

Anjing adalah makhluk yang hidup berdampingan dengan manusia selama 20.000 hingga 40.000 tahun terakhir.

Di antara banyak kekuatan super yang dimiliki anjing, hewan ini dapat merasakan keberadaan hal-hal yang tidak dapat dirasakan manusia, seperti cuaca yang akan datang dan atau adanya kanker. Tapi bisakah anjing melihat hantu?

Banyak orang percaya bahwa mereka bisa, termasuk pemecah kejahatan psikis Kristy Robinett. Ia berbagi kisah yang mungkin saat mendengarnya membuat orang yang tidak percaya percaya.

Ketika terapis trauma dan pakar spiritual Audrey Hope melihat anjingnya sendiri berperilaku seolah-olah dia melihat hantu, dia percaya bahwa anjingnya mampu melakukan itu. Namun, yang mendasarinya adalah keyakinan Hope sendiri pada dunia paranormal.

Sebelum kamu menjawab pertanyaan tentang apakah anjing dapat melihat hantu, yang harusnya menjawab pertanyaan terlebih dahulu adalah pemiliknya, apakah kamu percaya akan hantu?

"Ada banyak dokumentasi yang dapat mendukung anggapan bahwa anjing dapat merasakan aktivitas hantu,” menurut Jesus Aramendi, DVM, dokter hewan senior untuk Chewy, seperti dikutip dari Reader's Digest, Rabu (7/4/2021).

tetapi itu hanya berarti jika kamu benar-benar percaya bahwa hantu itu ada dan mampu dirasakan oleh yang hidup.

Lagipula, tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan adanya hubungan dunia astral dengan anjing.

Apa yang bisa dilihat anjing yang tidak bisa dilihat manusia?

Manusia jauh lebih baik daripada anjing dalam merasakan warna dan kejernihan. Namun, anjing dapat melihat gerakan jauh lebih baik daripada manusia, meski dalam ruangan yang sangat gelap.

Hal ini ddiungkapkan oleh Jill Villarreal, PhD, kepala ahli perilaku hewan untuk perusahaan makanan hewan Open Farm. 


Jadi, jika kamu percaya pada hantu dan menganut gagasan bahwa hantu cenderung muncul di ruang-ruang gelap, maka anjing akan lebih mampu melihat hantu daripada manusia.

Kekuatan penciuman anjing

"Anjing secara alami dilengkapi dengan salah satu indra penciuman terbaik di dunia hewan," kata Dr. Aramendi. Indra penciuman anjing bisa 10.000 hingga 100.000 kali lebih sensitif daripada indera penciuman manusia.

Jadi, dalam pengertian itu, anjing memiliki “ESP” atau “Extra Smell Perception”. Dan jika kamu percaya pada hantu, maka Dr. Aramendi tidak berpikir berlebihan untuk membayangkan bahwa anjing dapat melihat hantu melalui bau.

Tetapi jika tampak seekor anjing sedang "mencium" hantu, kemungkinan besar juga ada penjelasan ilmiah yang logis untuk itu.

Jika seekor anjing masih sering duduk di kursi seseorang yang sudah meninggal seolah-olah bisa merasakan kehadiran mereka, bisa saja aning melakukannya karena aroma orang tersebut masih melekat di kursi dan disukai oleh anjing.

Saat bulu anjing berdiri

“Lain kali jika bulu anjing tampak berdiri tanpa alasan, lihat sekeliling dan lihat apakah kamu bisa mengetahui penyebabnya,” saran Villarreal.

Ilmuwan telah menyelidiki bagaimana anjing merasakan dunia di sekitar mereka melalui kulit mereka, salah satunya dengan rambut yang berdiri dan diketahui bahwa anjing dapat mendeteksi pergerakan serta perubahan suhu dengan cara yang tidak dapat dilakukan manusia.

Selain itu, anjing dapat mendengar frekuensi dua kali lebih banyak daripada manusia, menurut Aramendi, dan mereka dapat menangkap suara yang jaraknya empat kali lebih jauh daripada yang dapat dideteksi manusia.

Jadi, jika hantu memang ada, anjing bisa saja memiliki indra pendengaran yang kuat sehingga mereka bisa mengenalinya dari suara.

Anjing dan manusia

“Selama ribuan tahun, anjing tidak hanya menjadi pengamat perilaku manusia yang cerdik tetapi juga impresionis yang terampil,” kata dokter hewan Matthew McCarthy.

Jadi, jika kamu percaya pada hantu dan mulai merasakan bahwa sesuatu yang berhubungan dengan dunia astral sedang terjadi, anjing mungkin merasakan energinya dan menangkap fakta bahwa kamu sedang merasakan sesuatu.

Jika reaksimu adalah ketakutan, anjing mungkin menyelipkan ekornya di antara kaki belakangnya atau menggeram. Jika reaksimu adalah gembura, anjing mungkin juga ikut gembira.

Sekarang yang bisa kamu lakukan adalah, jika sedang merasa cemas, coba berikan energi positif pada anjing dengan mengelus mereka, agar anjing tak merasakan kecemasan dan ketakutanmu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/07/204000376/benarkah-anjing-bisa-melihat-hantu-ini-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke