Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kartu Kredit dan Kartu Debit Juga Harus Dibersihkan, Begini Caranya

JAKARTA, KOMPAS.com - Di masa pandemi ini, sangat penting untuk membersihkan benda dan area dengan sentuhan tinggi yang Anda temui setiap hari. Misalnya, sakelar lampu, kenop pintu, dan gagang alat.

Akan tetapi, hal lain yang biasa Anda tangani di pelabuhan sama banyaknya dengan kuman. Meskipun sering diabaikan dari rute pembersihan Anda, dompet Anda dan isinya sangat kotor.

Dilansir dari Martha Stewart, Kamis (25/3/2021), dalam sebuah studi tahun 2017, para peneliti menganalisis uang kertas pecahan 1 dollar AS dari sebuah bank di New York City dan menemukan ribuan mikroorganisme, termasuk bakteri kulit penyebab jerawat, mikroba, dan DNA dari hewan peliharaan serta virus.

Terlebih lagi, kartu kredit atau kartu debit mungkin lebih kotor.

"Benda-benda ini mengandung banyak bakteri, baik dari penggunaan kita sehari-hari, muncul di sekitar kita, atau bertukar tangan dengan orang lain," kata Angela Bell dari Grove Collaborative's Grove Guide.

Meskipun barang-barang ini mungkin tidak menimbulkan risiko langsung bagi Anda, sebaiknya gunakan praktik kebersihan saat menanganinya. Menjaga tangan Anda tetap bersih sebelum dan sesudah menangani barang-barang di dompet Anda adalah kuncinya.

"Mencuci tangan atau membersihkan tangan adalah cara terbaik untuk menjaga diri Anda tetap aman saat menangani uang, kartu kredit, atau barang lain yang mungkin terpapar bakteri, kuman, dan virus," jelas Bell.

Dalam artikel ini akan dijelaskan cara membersihkan kartu kredit dan kartu debit alias kartu ATM Anda agar terhindar dari kuman dan bakteri.

Cara membersihkan kartu debit dan kartu kredit

Jika Anda khawatir dengan kuman dan bakteri yang mengintai uang kertas, gunakan kartu kredit atau debit sesering mungkin untuk semua transaksi, karena mudah dibersihkan dan cukup tahan lama untuk dibersihkan setiap hari, atau bahkan setelah digunakan.

"Alkohol isopropil adalah cara yang efektif dan murah untuk membersihkan kartu kredit," kata Bell.

Caranya, jelas Bell, cukup tambahkan alkohol murni ke botol semprot, semprotkan kartu Anda, dan lap kering dengan kain mikrofiber.

Untuk kenyamanan, Anda bahkan dapat menyimpan botol semprotan perjalanan kecil di dompet atau mobil Anda untuk membersihkan saat bepergian.


"Menggunakan pembersih tangan (hand sanitizer) bisa bagus untuk pembersihan cepat, tapi bisa menyebabkan penumpukan residu di kartu karena bahan yang membantu melembabkan tangan," ujar Bell.

Cara membersihkan dompet

Tentu saja, Anda juga ingin membersihkan wadah yang menampung uang dan kartu-kartu Anda. Jika tidak, Anda berisiko kontaminasi silang.

"Usahakan untuk membersihkan dompet Anda sekitar seminggu sekali," saran Bell.

Cara terbaik untuk membersihkan dompet Anda bergantung pada bahannya. Untuk dompet kulit, encerkan sabun cuci piring yang bening dan lembut dengan air hangat.

Kemudian, gunakan kain lembut untuk menyeka semua lipatan dompet. Seka sabun dengan kain bersih kedua yang dibasahi dan handuk kering.

Untuk dompet berbahan kanvas, isi wastafel atau ember kecil dengan air hangat dan deterjen lembut, gunakan sikat untuk menggosok kotoran atau noda, dan biarkan mengering.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/25/202800676/kartu-kredit-dan-kartu-debit-juga-harus-dibersihkan-begini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke