Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menanam Serai di Halaman Rumah, Bisa Cegah Nyamuk

JAKARTA, KOMPAS.com —  Serai adalah salah satu tanaman herbal yang tumbuh paling cepat. Batang paling sering digunakan dalam masakan tradisional untuk menambah rasa pada kaldu, sup, tumisan.

Bagian putih pada batang memiliki rasa yang paling kuat. Biasanya, saat digunakan untuk memasak, bagian batang bawahnya ini digeprek terlebih dahulu untuk semakin mengeluarkan aromanya.

Sedangkan daun hijau di bagian ujungnya memiliki rasa yang lebih lembut yang cocok untuk membuat teh serai.

Lebih lanjut, berikut adalah beberapa fakta tentang serai atau lemongrass terkait jenis hingga cara menanamnya sendiri di rumah, seperti dilansir dari Better Homes and Gardens, Sabtu (20/3/2021).

Jenis

Ada dua varietas umum dari serai. Yang pertama, serai India Barat (Cymbopogon citratus) tumbuh dengan mudah di segala iklim hangat.

Yang kedua, serai India Timur (Cymbopogon flexuosus) memiliki semburat ungu pada batangnya.

Iklim

Serai tumbuh subur dalam kondisi pertumbuhan yang hangat dengan tanah yang dikeringkan dengan baik dan tahan kekeringan sehingga tidak membutuhkan banyak air. Kamy bisa menanam serai di dalam pot atau kebun tanaman herbal, tetapi serai juga bisa menjadi tambahan yang bagus untuk bedeng taman.

Tanaman serai tumbuh subur di segala kondisi tetapi menyukai kehangatan jadi pastikan mereka mendapatkan cukup sinar matahari.

Tanaman serai akan terlihat bagus di pot dan di taman. Serai dapat tumbuh hingga tinggi 1,2m dan lebar 80 cm, jadi pastikan kamu memberi mereka ruang untuk tumbuh.

Cara menanam serai

Kamu bisa menanam serai melalui tiga cara.

Pertama, kamu bisa membeli biji serai yang membutuhkan waktu sekitar 21 hari untuk berkecambah. Taburkan benih dengan kedalaman 5cm dan dengan jarak 50cm.

Kedua, kamu bisa memperbanyak serai dari memotongnya dan menanam di tanah.

Ketiga, kamu dapat membeli serai dan menggunakannya sesuai keinginan. Ingatlah bahwa kamu harus mencabut batang dari tanah untuk digunakan dalam memasak, jadi jangan gunakan semuanya sekaligus.


Cara memperbanyak tanaman serai

Menyebar

Serai merupakan salah satu tanaman yang paling mudah diperbanyak. Pilihlah batang yang segar dari supermarket atau toko makanan segar terdekat, kupas daun-daun yang mati dan letakkan dalam segelas air di ambang jendela yang cerah.

Setelah beberapa minggu, kamu akan melihat akar mulai tumbuh. Selanjutnya, kamu tinggal meletakkan batang serai tadi di tanah di taman. lemomgrass.dll

Perawatan dan masalah

Serai sangat kuat sehingga tidak rentan terhadap banyak hama dan serangga. Jika tanaman terlihat layu, pastikan mereka mendapatkan cukup sinar matahari dan memberinya cukup air.

Panen

Kamu dapat memanen serai sepanjang tahun. Bergantung pada kapan kamu menanamnya, umumnya, dibutuhkan beberapa bulan untuk serai tumbuh hingga ukuran penuh dan siap dipanen.

Mencegah nyamuk

Aroma serai yang segar, disukai manusia tapi tak disukai nyamuk. Dengan menanam serai di lingkungan rumah, kamu tak hanya akan membuat rumah tampak indah, tapi juga mengusir dan mencegah nyamuk berkembang biak di halaman, yang kemudian masuk ke rumah.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/20/161900176/cara-menanam-serai-di-halaman-rumah-bisa-cegah-nyamuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke