Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanaman yang Bisa Mengusir Lalat di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai serangga kerap hadir di rumah, mengganggu kenyamanan aktivitas Anda sekeluarga. Ini termasuk kehadiran lalat di rumah.

Lalat yang terbang ke sana ke mari di sekitar Anda di rumah tentu saja mengganggu dan menyebalkan. Oleh karena itu, membasmi lalat menjadi pilihan yang dirasa tepat.

Ada banyak produk pembasmi lalat yang tersedia di pasaran. Akan tetapi, kenapa tidak meletakkan tanaman yang mampu membasmi lalat di dalam rumah?

Dilansir dari The Practical Planter, Senin (8/2/2021), berikut beberapa tanaman pengusir lalat yang dapat diletakkan di rumah.

1. Kemangi atau basil

Tanaman kemangi yang sehat akan terlihat bagus di jendela dapur yang cerah, menawarkan aroma yang harum ke ruangan sekaligus mencegah lalat yang berkeliaran.

Bersamaan dengan cahaya langsung, kemangi perlu disiram secara teratur, dan sedikit semprotan dari botol gerimis sesekali tidak akan merugikan.

Kemangi atau basil tidak terlalu rewel, dan jika tanah di atasnya mengering, seharusnya baik-baik saja.

Sebagai tanaman tahunan, kemangi akan memasang tangkai bunga kecil di akhir musim panas sehingga bisa berbiji. Agar tanaman Anda hidup lebih lama, pangkas bunganya segera setelah mereka mulai berkembang.

2. Mint

Daun mint bisa tumbuh cukup besar, jadi Anda memerlukan pot berukuran cukup besar dan banyak ruang dengan setidaknya 4 jam sinar matahari atau bahkan pencahayaan tidak langsung.

Situasi terbaik adalah cerah di pagi hari dan kemudian cahaya redup untuk sisa hari itu.

Air secukupnya agar tidak langsung mengering, biasanya hanya saat permukaan tanah sudah kering saat disentuh. Tanah harus hilang dan cepat buang kelebihan air.

Pangkaslah tanaman Anda atau tanaman akan tumbuh lebih cepat dan melebihi ukuran pot. Anda mungkin masih harus membagi dan sesekali mengganti pot. 

Saat memilih variasi mint untuk tanaman hias, pilih salah satu dengan aroma terkuat yang Anda bisa peroleh. Spearmint adalah pilihan yang bagus.

3. Marigold

Jika Anda mencoba mencegah lalat putih, Anda harus mencoba menambahkan beberapa marigold ke dalam ruangan.

Meskipun tanaman ini lebih baik sebagai tanaman luar, Anda mungkin dapat mengelola satu atau dua pot jika Anda menyediakan cukup cahaya.

Mereka tidak hanya membutuhkan cahaya sepanjang hari, mereka juga lebih menyukai suhu hangat. Anda juga bisa membiarkannya mengering di antara penyiraman.

Tidak cuma lalat, aroma marigold juga dapat mengusir serangga lain.

4. Lavender

Seperti biasa, lavender ada dalam daftar tanaman pengusir hama kami. Aroma bunga yang kuat sangat cocok untuk mengusir lalat, ngengat, juga nyamuk, semut, dan bahkan laba-laba.

Lavender membutuhkan banyak cahaya, dan jika Anda merasa tanaman Anda tidak cukup mekar, tambahkan lampu untuk mencerahkannya.

Perlu ada aliran udara yang baik di sekitar tanaman, tetapi bukan aliran udara dingin, dan Anda harus menanam lavender di tanah yang gembur agar akarnya tidak basah.

Jika Anda membagi tanaman tahunan ini menjadi tanaman yang lebih kecil, Anda dapat mengendalikannya dan menambahkan lebih banyak pot lavender di sekitar rumah.

5. Rosemary

Seperti halnya lavender, Anda membutuhkan tempat yang memiliki banyak sinar matahari serta aliran udara yang baik. Jika tidak, tanaman Anda bisa berjamur.

Untuk cahaya, letakkan di dekat jendela yang menawarkan sinar matahari penuh setidaknya selama 6 hingga 8 jam sehari, atau rencanakan untuk menyimpan tanaman rosemary Anda di dekat lampu.

Soal penyiraman, tanah perlu mengalir dengan baik dan akarnya tidak bisa berdiam diri di tanah yang basah. Di sisi lain, Anda juga tidak bisa membiarkannya mengering.

Dengan perawatan yang tepat, pot rosemary akan menambahkan aroma penangkal lalat ke taman dalam ruangan Anda.

6. Serai

Dikenal paling baik sebagai pengusir nyamuk, tanaman serai atau sereh wangi akan membantu membasmi lalat juga.

Tanaman serai wangi akan memiliki daun yang panjang dan terlihat sangat mirip dengan pot rumput. Jika Anda menemukan "serai wangi" yang memiliki daun yang menyerupai peterseli, itu adalah geranium beraroma yang juga agak aromatik meski tidak sekuat tanaman serai asli.


Setelah Anda memiliki serai yang sebenarnya, Anda harus memiliki tempat yang sangat cerah untuk itu dan suhu hangat yang konstan.

7. Venus flytrap

Venus flytrap adalah opsi tanaman hias yang memiliki tampilan unik dan bisa menjadi daya tarik dalam ruangan Anda serta membantu mengatasi lalat. Ini bukan tanaman dalam ruangan biasa dan perlu perawatan khusus.

Meski begitu, ini bisa menjadi tambahan yang sangat menyenangkan untuk rumah Anda dan mereka benar-benar memakan lalat.

Anda harus fokus pada dua hal untuk menjaga tanaman Anda tumbuh subur, yakni kelembaban dan keasaman tanah. Tumbuhan insektivora ini membutuhkan kadar air yang sangat tinggi di sekitarnya dan sering kali disimpan di dalam terarium kaca untuk menjaga lingkungan tersebut.

Tanah harus lembab tapi tidak basah. Sedikit gerimis dari air yang disemprot adalah ide yang bagus.

Ingatlah bahwa menyimpan tanaman di bawah kaca juga berarti tanaman mudah panas. Jauhkan dari sinar matahari langsung, yang tidak masalah karena mereka lebih menyukai cahaya tidak langsung atau bahkan sedikit teduh.

Tanah harus lebih asam dari biasanya, dan kebanyakan tumbuhan ini ditanam dalam media tanam yang sebagian besar merupakan lumut gambut. Gunakan air suling agar tanah tidak kehilangan sisi asamnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/08/104800076/7-tanaman-yang-bisa-mengusir-lalat-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke