Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kulkas Mini

jAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas telah menjadi perangkat elektronik rumah tangga wajib di rumah sebagian orang untuk bisa mengawetkan dan mendinginkan makanan maupun minuman.

Seiring perkembangan zaman, terdapat berbagai jenis kulkas dari beragam merek yang bisa menjadi pilihan orang-orang untuk diletakkan di rumahnya, salah satunya kulkas kecil atau mini.

Karena bentuknya yang kecil dan tak biasa, kulkas mini sering mendapatkan perhatian lebih bagi beberapa orang, khususnya yang jarang melihatnya.

Umumnya kulkas ini bisa kamu temukan di kamar-kamar hotel maupun rumah sakit. Karena bentuknya yang kecil kulkas mini biasanya memang diperuntukkan untuk diletakkan di kamar tidur.

Namun, ketika melihat kulkas kecil, tidak sedikit dari kamu mungkin bertanya mengenai kelebihan dan kekurangan dari kulkas mini.

Baiklah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada artikel yang kamu baca ini akan dijelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan kulkas mini, dilansir dari beberapa sumber, Jumat, (22/1/2021).

Kelebihan kulkas mini

1. Portabel

Salah satu kelebihan utama kulkas mini yang paling jelas adalah portabilitasnya yang tidak memakan banyak ruang dan juga ringan, sehingga bisa diletakkan di atas rak.

Kulkas mini sempurna untuk diletakkan di kamar asrama, kantor kecil, dan kamar tidur rumah. Jadi, jika seseorang ingin menikmati minuman dingin di kamarnya, maka mereka tak perlu harus repot mengambilnya keluar kamar tidur.

2. Tidak berisik

Mesin kompresor pada kulkas mini seringkali sangat pendiam, bahkan tidak mengeluarkan suara, jadi mereka tidak akan mengganggu saat seseorang beristirahat di kamar tidur.


3. Harganya lebih murah

Selain itu, biaya yang rendah adalah salah satu keuntungan dari kulkas model ini. Namun, meski biayanya murah, desain kulkas ini hanya cocok untuk mayoritas keluarga dengan sedikit orang atau orang yang tinggal sendirian di tempat tinggal yang berukuran kecil.

4. Hemat listrik

Dapat dikatakan kulkas jenis ini mengonsumsi energi listrik yang cukup rendah karena kapasitasnya lebih kecil dan lebih hemat dibandingkan dengan kulkas berkapasitas besar.

Apalagi kulkas juga beroperasi dengan cukup lancar dan tidak menimbulkan terlalu banyak suara saat dioperasikan.

5. Mendinginkan dengan baik

Meski berukuran kecil, kapasitas pendinginan kulkas mini tidak begitu kalah dengan kulkas umumnya. Kulkas mini ini biasanya menggunakan teknologi pendinginan langsung.

Ada sistem udara dingin multi-dimensi sehingga ketika aliran udara akan menyebar secara merata di dalam kompartemen, untuk membantu menjaga suhu tetap dingin, makanan juga lebih awet saat menggunakan kulkas mini dengan freezer.

6. Awet

Umur panjang dan daya tahan kulkas juga menarik perhatian konsumen, biasanya kulkas jenis ini memiliki rata-rata harapan hidup yang tinggi hingga 10 tahun dan bergaransi selama lebih dari 2 tahun.

Kekurangan kulkas mini

1. Daya tampung terbatas

Salah satu kekurangan terbesar dari kulkas kecil adalah ukurannya yang sangat kecil, sehingga daya tampungnya terbatas. Jadi mungkin sulit untuk memasukkan barang-barang tertentu, terutama barang yang lebih besar ke dalamnya.

2. Modelnya tidak terlalu beragam

Merk dan model yang tidak beragam menjadi salah satu kekurangan dari lemari kulkas ini, karena ukuran dan kapasitas lemari yang kecil.


3. Teknologi sederhana

Teknologi pendinginan juga cukup sederhana karena untuk menekan biaya, perlu dilakukan pengurangan beberapa fitur.

4. Jarang ada yang berfitur canggih

Fitur teknologi modern tidak terlalu banyak pada kulkas mini, seperti antibakteri maupun penghilang bau. Jadi saat menggunakan kulkas mini, ini harus dibersihkan secara teratur.

5. Tidak semuanya ada freezer

Kebanyakan kulkas mini tidak dilengkapi dengan bagian freezer yang merupakan sebuah kekurangan. Jika ada daging atau minuman dingin yang ingin dibekukan, kulkas mini tanpa freezer mungkin bukan pilihan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/22/120800076/kelebihan-dan-kekurangan-menggunakan-kulkas-mini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke