Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sulit Tidur? Pakai Cara Ini agar Kamar Semakin Nyaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepertiga hidup manusia berada di tempat tidur, oleh sebab itu kamar terutama tempat tidur harus dibuat senyaman mungkin sehingga bisa mendapatkan kualitas tidur yang maksimal.

Tidur yang berkualitas juga bisa membuat badan lebih segar sehingga dapat melakukan aktivitas di hari berikutnya.

Dilansir dari Homes to Love, Selasa (5/1/2021), ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar suasana kamar semakin tenang dan nyaman.

1. Warna tenang

Warna cat dinding kamar dapat memengaruhi kualitas tidur Anda. Dinding yang berwarna cerah dapat memicu indera secara tidak sadar.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, pilih warna yang menenangkan seperti merah muda, hijau, putih, atau biru lembut.

2. Kasur yang baik

Tempat tidur yang nyaman dan bantal yang tepat menjadi hal terpenting untuk membantu tidur lebih nyaman. Sleep Health Foundation merekomendasikan untuk menjaga kepala Anda dalam posisi 'netral,' seperti yang Anda lakukan saat berdiri dengan postur yang baik.

3. Kebersihan

Usahakan untuk menjaga kamar Anda tetap bersih dan rapi setiap saat. Singkirkan pakaian atau apapun dari lantai sebelum tidur, jaga agar lemari pakaian tetap rapi dan pintunya tertutup di malam hari. 

Selain itu, usahakan untuk meminimalkan furnitur dan barang-barang Anda di kamar tidur, sehingga menciptakan suasana yang nyaman.

4. Hindari meletakkan televisi

Banyak ahli tidur menyarankan bahwa paparan sinar biru dari perangkat elektronik seperti tv, dapat menjadi penyebab utama epidemi insomnia modern.

Menonton TV sebelum tidur akan merangsang otak Anda secara berlebihan dan mempersulit untuk tidur. Hal yang sama berlaku untuk laptop atau menambahkan meja kantor di kamar.

Satu-satunya tujuan di kamar tidur adalah untuk tidur, jadi jauhkan dari perangkat elektronik tersebut.

5. Aroma

Aroma lembut yang menenangkan seperti lavender dan melati akan membuat suasana nyaman untuk tidur. Tempatkan minyak esensial ini ruangan di lemari Anda dan jika Anda benar-benar kesulitan untuk tidur, tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender ke tisu dan letakkan di bawah bantal Anda.

6. Halangi cahaya

Tahukah Anda bahwa cahaya dapat menghambat sekresi melatonin, yang merupakan hormon yang bertindak seperti obat tidur alami tubuh Anda? Pasang tirai tebal yang menghalangi semua cahaya untuk membantu Anda tertidur.

Lampu dari jam digital juga dapat mengganggu tidur, jadi jauhkan dari wajah Anda. Ruangan yang gelap juga akan lebih sejuk, yang lebih ideal untuk tidur daripada lingkungan yang panas dan pengap.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/05/144100276/sulit-tidur-pakai-cara-ini-agar-kamar-semakin-nyaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke