Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Kesalahan yang Bikin Kompor Cepat Rusak

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompor merupakan peralatan di dapur yang sangat penting untuk proses kegiatan memasak, untuk menjadi sumber panas yang dapat mematangkan makanan.

Ketika memiliki segala macam peralatan rumah tangga, termasuk kompor, entah itu kompor gas, kompor listrik, atau kompor induksi, pasti kamu ingin semuanya bisa tahan lama untuk digunakan.

Namun, ada beberapa hal yang mungkin tidak kamu ketahui justru berakibat buruk pada kompor yang kamu miliki, sehingga malah membuatnya cepat rusak.

Dilansir dari Reader's Digest, Sabtu (2/1/2021), setidaknya ada 10 kesalahan yang mengakibatkan usia pemakaian kompor menjadi pendek.

1. Kamu tidak membaca buku petunjuk

Ini mungkin tidak menyenangkan dan terasa malas, tetapi kamu harus membaca petunjuk manual kompor milikmu segera setelah memasangnya.

Membaca buku petunjuk manual bisa sangat membosankan, tapi sangat membantu dalam menjaga kompormu tetap baik dan tahan lama.

Buku panduan dapat berisi tips khusus untuk pembersihan dan perawatan yang benar. Oleh karena itu, simpan semua buku manual di satu tempat sehingga mudah ditemukan.

2. Bepergian saat memasak

Mungkin kamu tergoda untuk meninggalkan dapur saat kamu merebus air atau memanaskan sesuatu, tetapi limpahan kecil apapun dapat menyebabkan masalah besar.

Mengapa? Tumpahan, percikan, dan hal lainnya dapat membuat kotoran yang menyumbat. Jika kamu mengabaikannya, hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada kompor, dan memperpendek masa pakainya.

Jika terjadi pendidihan atau tumpahan, pastikan untuk segera membersihkannya dengan serbet penyerap.

3. Tidak pernah membersihkan tungku

Apakah kamu pernah ingin menggunakan kompor tetapi tidak menyala? Jangan abaikan masalah ini. Burner atau tungku pembakar yang tidak menyala kemungkinan besar tersumbat, sehingga perlu dibersihkan.

Jika burner tersumbat, maka itu dapat menimbulkan korosi pada bagian tersebut, dan dengan demikian bisa memperpendek masa pakai kompormu.

Jika sumbatan tidak pernah dibersihkan, bukaan tempat keluarnya gas akan mengecil ukurannya.

Hal ini berpotensi menyebabkan pembakaran gas yang tidak efisien dan api yang membakar ke panci tidak merata. Selain itu, jika dibiarkan tersumbat karena tidak dibersihkan, burner akhirnya bisa berhenti berfungsi dengan baik.

4. Mengabaikan kotoran di atas kompor berbahan kaca

Kompor berbahan kaca, baik itu kompor gas, kompor listrik, dan kompor induski adalah pilihan populer bagi mereka yang ingin mendapatkan tampilan modern dan ramping di dapur mereka.


Namun, jika kamu membiarkan kotoran menumpuk pada 3 jenis kompor berbahan kaca itu, kemungkinan besar kamu akan membeli kompor baru lebih cepat dari yang kamu rencanakan.

“Bagian atas kompor kaca yang penuh dengan goresan, bekas luka bakar, dan noda yang terbakar benar-benar menghilangkan keseluruhan estetika,” kata Sarah Brunette, direktur merek Molly Maid, sebuah perusahaan Neighbourly.

“Inilah sebabnya mengapa merawat kompor kacamu dan membersihkannya secara teratur adalah yang paling penting jika kamu ingin menikmatinya selama bertahun-tahun yang akan datang," tutur Sarah.

5. Membanjiri kompor dengan air

“Kami telah melihat bagian atas kompor (baik gas maupun listrik) mengalami kekurangan saat pelanggan kami menggunakan terlalu banyak air untuk membersihkannya,” jelas Oleg Karpynets, Quality Appliance Repair San Francisco.

Penting untuk diingat bahwa kompor gas adalah peralatan listrik juga, dan ada papan kontrol, sakelar listrik, dan kabel tegangan tinggi tepat di bawah bagian burner.

Membanjiri bagian atas kompor dengan air untuk membersihkannya bukanlah ide yang baik. Hindari meletakkan air atau cairan lain langsung di atas kompor, sebagai gantinya, lap dengan kain agak basah dan lap kembali dengan kain kering.

Kamu harus melakukan ini secara rutin untuk menghindari penumpukan kotoran. Ingatlah bahwa bagian atas kompor bukanlah satu-satunya permukaan yang membutuhkan perawatan rutin.

Namun, ini adalah cara terbaik untuk membersihkan bagian atas kompor yang berminyak dan berdebu.

6. Menggunakan benda tajam untuk membersihkan kerak

Terkadang, situasi kompor yang serius membutuhkan solusi yang juga serius. Tetapi, solusi itu tidak boleh membuang kotoran yang menempel di kompor dengan benda tajam, seperti silet, pisau, dan sebagainya, terutama jika kamu berurusan dengan kompor kaca.

Jika ingin menyingkirkan kotoran yang menempel dan menjadi kerak, gunakan spatula silikon atau plastik, karena fleksibel dan aman.

7. Membersihkan menggunakan sikat kawat

Kotoran yang terpanggang mungkin sulit dihilangkan, tetapi menggunakan sikat kawat dapat menciptakan masalah yang lebih besar dalam jangka panjang.

“Kami telah melihat elektroda percikan rusak karena pembersihan berlebihan menggunakan produk abrasif seperti sikat kawat. Itu adalah bagian yang sensitif, dan perlu dibersihkan dengan lembut," jelas Karpynets.

8. Membersihkan dengan pembersih kimia

Percaya atau tidak, produk alami yang mungkin sudah kamu miliki bisa lebih efektif dan lebih aman daripada pembersih berbahan kimia yang lebih mahal.

Taburkan soda kue langsung ke atas kompor, dan gunakan kain mikrofiber yang bersih dan lembab untuk menggosok noda hingga bersih.


Jika kamu menemukan noda yang membandel, tambahkan beberapa tetes cuka suling ke soda kue, yang akan membersihkannya sepenuhnya. Setelah itu lap menggunakan kain mikrofiber.

9. Kamu tidak menutup tutup tungku yang sejajar

Tutup tungku yang tidak sejajar dapat mencegah penyalaan api. Periksa untuk memastikan tutup burner kompormu terpasang dengan benar dan sejajar dengan benar.

Mirip seperti penyumbatan, tutup burner yang tidak sejajar dapat menyebabkan korosi dan mempersingkat masa pakai alat. Jika tutup tungku terkelupas atau rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru sebelum terjadi masalah serius.

10. Kamu mengabaikan tanda kebocoran gas

Kebocoran gas tidak hanya memperpendek umur kompormu. Jika kompor meledak, harus diganti, dan lebih buruk lagi, ledakan juga bisa mematikan.

Bau gas biasanya merupakan indikasi yang baik bahwa ada masalah pada tabung gas. Mencium sedikit bau gas saat kamu menyalakan kompor itu adalah hal yang normal.

Tapi, jika bau tersebut muncul sebelum kamu menyalakan kompor, ini mungkin menunjukkan adanya kebocoran dan kondisi berbahaya yang perlu segera diperhatikan.

Segera buka jendela dan hubungi pemasok gas dari luar rumah. Jika ini terjadi lebih dari sekali, ada baiknya membeli alat pendeteksi kebocoran gas.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/02/163800976/10-kesalahan-yang-bikin-kompor-cepat-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke