Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Benda di Rumah yang Tidak Harus Sering Dibersihkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga segala sesuatu yang ada di dalam rumah tetap bersih memang menjadi hal penting yang perlu dilakukan, demi menjaga higienitas.

Tetapi, mungkin kamu akan terkejut untuk mengetahui bahwa ada barang tertentu di rumahmu yang sebenarnya tidak perlu sering dibersihkan seperti yang kamu kira.

Saat terlalu sering membersihkan beberapa benda yang sebetulnya tidak perlu dibersihkan sesering mungkin, maka itu bisa menyia-nyiakan waktumu yang berharga.

Dilansir dari Bob Vila, Senin (28/12/2020), setidaknya ada 9 benda yang tidak perlu dibersihkan sesering mungkin untuk dibersihkan.

1. Bantal dan guling

Tentu, sarung bantal dan guling milikmu perlu dicuci rutin setiap 2 minggu sekali bersama seprai. Kamu tinggal melepaskan sarung bantal dan guling, lalu meletakkannya ke mesin cuci untuk proses pembersihan.

Tapi, untuk bantal dan gulingnya sendiri bisa bertahan 3-6 bulan tanpa dibersihkan. Saat kamu siap untuk mencucinya, masukkan ke dalam mesin cuci dan keringkan.

Melakukan kegiatan membersihkan bantal dan guling sebanyak 2-4 kali dalam setahun itu sudah cukup.

2. Selimut

Kamu dapat mencuci selimut dengan jadwal yang sama seperti bantal dan gulingmu. Tidak masalah untuk mencuci selimut hanya beberapa kali dalam setahun, terlebih kamu tidak punya banyak waktu untuk mencucinya.

Tapi, yang dimaksud di sini adalah selimut tebal dan lembut, bukan bed cover. Untuk bed cover kamu perlu mencucinya 1-2 kali dalam sebulan.

3. Smartphone

Seperti hal yang menggoda untuk membersihkan setiap hari smartphone yang kamu miliki. Tapi itu cukup tidak perlu, bahkan ketika sering digunakan.

Sebagai gantinya, pastikan untuk mencuci tangan sebelum mengetuk layar sentuhmi, lalu bersihkan ponsel seminggu sekali dengan pembersih antibakteri.

4. Oven

Pembersihan otomatis yang tersaji pada ovenmu membuatmu tak akan kehilangan waktu selama beberapa jam. Namun, kamu mungkin perlu membersihkan oven secara manual sebulan sekali.

Faktanya, oven milikmu benar-benar membutuhkan pembersihan yang menyeluruh, baik itu siklus pembersihan otomatis penuh atau manual yang menggunakan pembersih oven, hanya sekali setiap 3-4 bulan.

Meski begitu, jika ada makanan misalnya seperti keju leleh cairan makanan yang menetes, tunggu oven mendingin dan bersihkan segera untuk menghindari bau berasap dan gosong serta cipratan.

5. Rak makanan

Meski menggoda untuk mengatur ulang rak makanan setiap kali berbelanja, kamu perlu membersihkan area penyimpanan makanan ini hanya sesekali.

Makanan kering dan kaleng bertahan lebih lama dari yang kamu kira. Sebaliknya, konsentrasikan upaya pembersihan di kulkas tempat makanan cenderung membusuk.


6. Mainan mandi

Kamu tentu tidak ingin jamur menumpuk di dalam mainan air favorit anakmu yang berusia 2 tahun, tetapi itu tidak berarti kamu harus membilasnya setiap habis mandi.

Sebagai gantinya, peras cairan apa pun setelah mainan digunakan, lalu sebulan sekali rendam mainan dalam ember berisi satu galon air dan setengah cangkir cuka, itu seharusnya berhasil.

7. Buku-bukumu

Setiap kali kamu membersihkan rak bukumu, mungkin setiap 2 minggu sekali, kamu mungkin menggosokkan tisu kertas ke punggung bukumu.

Hilangkan tekanan dari dirimu dan tekad untuk membersihkan buku-bukumu setiap musim sebagai gantinya. Ini akan membantu melindungi kondisi perpustakaanmu sekaligus memberimu lebih banyak waktu untuk membaca.

8. Sarung furnitur

Berapa kali kamu melewati sarung di kursi ruang tamumu dan memutuskan untuk membuangnya ke mesin cuci? Hentikan!

Dua kali setahun sudah cukup, baik sarungnya bisa dicuci dengan mesin atau hanya bisa dicuci kering.

9. Handuk

Alih-alih mencucinya setelah digunakan, regangkan umur handukmu dengan menggunakannya selama seminggu.

Selama menggantung handuk agar dapat mengering dengan benar tanpa berjamur, kamu tidak akan mengalami masalah.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/28/140800076/9-benda-di-rumah-yang-tidak-harus-sering-dibersihkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke