Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Pilihan Tanaman Rambat Untuk Mempercantik Pagar Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain ditanam di dalam pot dan langsung ditanam di tanah, ada berbagai tanaman merambat cantik yang dapat menghiasi halaman serta pagar depan rumah Anda.

Banyak tanaman merambat membutuhkan sinar matahari penuh sekitar kurang lebih 6 jam per hari, sementara beberapa jenisnya akan lebih nyaman diletakkan di tempat yang lebih teduh.

Untuk merawatnya, Anda membutuhkan teralis, atau struktur tanaman sebagai penyangganya.

Dilansir dari House Beautiful, Sabtu (26/12/2020), beberapa tanaman, seperti sweet pea, secara alami akan "memanjat" sendiri dengan sulur-sulur kecil yang menempel pada struktur.

Tanaman rambat lain seperti mawar, mungkin perlu diikat secara longgar di tempat yang diinginkan untuk tumbuh.

Berikut adalah beberapa tanaman merambat yang dapat menjadi pilihan untuk menghias halaman rumah Anda.

1. Clematis

Banyak varietas clematis yang mekar pada waktu yang berbeda selama musim tanam yakni dari musim semi hingga musim gugur.

Bunga mencolok dari tanaman tahunan ini hadir dalam hampir setiap bentuk dan warna dari merah muda paling pucat hingga ungu paling tua.

Beberapa jenisnya beraroma manis. Ada pepatah mengatakan bahwa clematis menyukai bagian kepalanya berada di bawah sinar matahari dan kakinya di tempat teduh, jadi tanam dengan tanaman lainnya yang tumbuh rendah untuk menjaga akarnya tetap dingin.

2. Sweet Pea

Tanaman ini tumbuh dengan mudah dari biji tetapi namun harus ditanam di awal musim semi. Untuk menanamnya rendam benih semalaman untuk membantunya berkecambah lebih cepat.

Sweet pea menyukai sinar matahari penuh tetapi juga lebih menyukai akarnya yang teduh, jadi tanam tanaman lainnya di depannya. 

3. Climbing Rose

Mawar panjat bukanlah tanaman merambat, tetapi mereka sangat cantik. Setiap taman membutuhkan setidaknya satu tanaman merambat di atas tembok rendah atau lengkungan taman.

Beberapa jenis mawar ini mekar dengan lebat sepanjang tahun, sementara yang lain mekar terus menerus sepanjang musim.

Banyak varietas juga memiliki aroma yang manis. Mawar dalam bentuk apa pun membutuhkan sinar matahari penuh.

4. Climbing Hydrangea

Tanaman ini menawarkan bunga putih krem sepanjang musim panas. Tanaman merambatnya sangat berat, sehingga membutuhkan sesuatu yang kokoh untuk dipanjat atau disandarkan.

Tanaman ini tumbuh lambat, jadi bersabarlah karena perlu waktu bertahun-tahun untuk mereka berkembang.


5. Black-Eyed Susan Vine

Tanaman cantik ini memiliki bunga menawan dengan bagian tengah gelap dan kelopak berwarna putih krem, aprikot, kuning cerah, atau merah muda.

Tanaman ini nampak indah di dalam wadah atau memanjat teralis. Black-Eyed Susan Vine dianggap tanaman tahunan yang ada di sebagian besar iklim di seluruh negeri, tetapi tanaman ini abadi di daerah dengan suhu hangat.

6. Mandevilla

Mandevilla memiliki bunga besar berwarna merah muda, merah, atau putih hingga beberapa inci lebarnya menghiasi dedaunan mengkilap dari tanaman tropis yang kuat ini.

Tanaman ini menyukai sinar matahari penuh tetapi membutuhkan sedikit bayangan sore hari di iklim panas.

Jaga agar tetap disiram, agar dapat mekar di sepanjang musim. Mandevilla dianggap tanaman tahunan di sebagian besar iklim, tetapi selalu berkembang baik di daerah yang lebih hangat.


7.Trumpet Vine

Trumpet vine adalah tanaman merambat abadi yang mekar sepanjang musim dan ini adalah favorit burung kolibri.

Tanaman ini dapat tumbuh cepat dan menyukai sinar matahari penuh. Carilah varietas hibrida yang lebih baru (Campsis x. Tagliabuana) yang cocok dengan yang lain; tipe asli (Campsis radicans) agresif.

8. Star Jasmine

Tanaman merambat yang indah ini memiliki bunga berbentuk kincir kecil berwarna kuning krem yang memiliki aroma manis yang memabukkan.

Tanaman ini bisa ditanam di pagar atau dinding atau bisa di tanah langsung. Star Jasmine menyukai sebagian dari sinar matahari penuh, untuk berkembang dengan baik.

9. Bougainvillea

Bougainvillea memiliki dahan tipis, atau bunga, yang cantik yang bisa diletakkan di dinding atau pagar. Tanaman yang lebih kecil bisa ditanam sebagai tanaman dalam pot.

Tanaman ini selalu berkembang di daerah dengan suhu hangat dan lebih menyukai sinar matahari penuh.

10. Trumpet Honeysuckle

Trumpet Honeysuckle memiliki bunga berbentuk tabung yang cantik. Penyerbuk seperti burung kolibri dan lebah akan berkumpul di tanaman ini, karena merupakan favorit mereka. Pastikan Anda memilih jenis asli (Lonicera sempervivens), bukan tanaman honeysuckle Jepang invasif (Lonicera japonica).

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/26/200900276/10-pilihan-tanaman-rambat-untuk-mempercantik-pagar-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke