Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ciri-ciri Tanaman Kelebihan Pupuk dan Solusinya

Namun, pemberian pupuk ini tidak boleh berlebihan juga, karena dapat merusak atau bahkan mematikan tanaman.

Dilansir dari Gardening Know How, Sabtu (4/12/2020), pemupukan secara berlebihan dapat menyebabkan fertilizer burn, yakni pembakaran pupuk yang mengakibatkan daun tanaman terbakar atau hangus.

Selain karena pemberian pupuk secara berlebih, fertilizer burn terjadi karena pemberian pupuk pada dedaunan basah.

Pupuk mengandung garam yang menarik kelembaban dari tanaman, jika pemberian pupuk ini berlebih akan menyebabkan perubahan warna kuning atau coklat dan kerusakan akar.

Gejala terbakar ini dapat muncul dalam satu atau dua hari, bahkan beberapa minggu. Gejala lainnya berupa perubahan warna menguning, kecoklatan, dan layu.

Jika ditemukkan garis-garis putih, kuning, dan coklat yang mengikuti pola pemberian pupuk, hal ini adalah penyebab kelebihan dalam pupuk.

Pencegahan

Agar tidak merusak tanaman, berilah pupuk sesuai dengan kebutuhannya. Sebab, dengan memberikan pupuk terlalu banyak pun tidak bisa membuat tanaman tumbuh dengan cepat.

Dengan memberikan pupuk dengan seimbang akan mengurangi kemungkinan terjadinya pembakaran pupuk pada tanaman, karena dapat melepaskan garam ke dalam tanah secara bertahap bukan sekaligus.

Selain itu, memupuk dengan kompos juga dapat menghilangkan risiko pembakaran pupuk.

Sebagian besar tanaman akan tumbuh subur jika diberi lapisan kompos berukuran 1-2 inci (2,5-5 cm) sekali atau dua kali setahun.

Tanaman lebih rentan terhadap pembakaran pupuk saat kemarau karena pupuk akan lebih terkonsentrasi di dalam tanah.

Selain itu, hindari memupuk tanaman dalam keadaan basah atau membiarkan pupuk bersentuhan dengan daun basah. Sirami dengan dalam dan menyeluruh.

Lantas, bagaimana jika tanaman sudah terlanjur diberi pupuk terlalu banyak?

Solusinya adalah dengan menyiraminya sebanyak mungkin dalam beberapa hari ke depan. Namun jangan biarkan air mengalir di sekitar tanaman lainnya, siram secara perlahan, agar air menyerap ke dalam tanah.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/05/091600176/ciri-ciri-tanaman-kelebihan-pupuk-dan-solusinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke