Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memilih Keramik untuk Teras Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan keramik di dalam rumah, pemilihan keramik di luar rumah atau eksterior harus memerhatikan berbagai hal.

Sebagian besar keramik teras luar ruangan memiliki beberapa bentuk, motif, serta, tekstur yang berbeda. Selain itu, dalam pemilihan keramik teras harus mempertimbangkan kekuatannya.

Sebab, tidak seperti keramik di dalam ruangan, keramik teras harus memiliki daya tahan yang lebih kuat karena terkena berbagai kondisi seperti panas, hujan, hingga debu yang menempel.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (2/12/2020), pemilihan keramik teras dianjurkan untuk memilih keramik dengan tesktur anti selip atau memiliki tesktur matte (tidak licin). Sebab keramik teras sering dibasahi oleh air hujan sehingga diperlukan tekstur yang tidak licin.

Selanjutnya, jika Anda tinggal di daerah yang terpapar siklus sering hujan dan panas, dianjurkan untuk memilih keramik porselen, sebab keramik ini memiliki daya serap air yang sangat rendah.

Jika air terserap oleh sepotong keramik, air tersebut kemudian membeku, dan dapat menyebabkan keramik pecah serta mematahkan sambungan antar keramik.

Untuk teras yang sering disinari matahari , keramik yang dipilih harus memiliki warna gelap, sedangkan area yang redup dan teduh diaplikasikan keramik dengan warna lebih terang agar dapat menerangi ruangan.

Berbagai bahan keramik

Ada banyak bahan keramik yang bisa diaplikasikan di teras rumah, misalnya porselen. Porselen memiliki kepadatan dan kekuatan, sehingga sering diaplikasikan di teras rumah.

Untuk aplikasi di teras, pilih permukaan bertekstur matt tanpa permukaan yang mengkilap sebab akan licin ketika basah.

Kemudian ada bahan granit, yakni batu alam yang biasanya dijadikan untuk di area teras. Namun kekurangan keramik ini adalah relatif keropos dibanding dengan keramik lainnya.

Selain itu, karena harus tetap dipoles agar tidak pudar coraknya, keramik ini menjadi licin ketika terkena air.

Batu alam lainnya yang dijadikan keramik adalah travertine yakni yang sering dianggap sebagai bentuk batu gamping.

Meskipun sangat menarik dan keras, permukaannya sedikit berlubang sehingga dapat mengumpulkan kotoran kecuali jika dipoles dengan halus. Dan travertine yang sangat licin saat basah.

Kemudian ada soapstone yang merupakan batu alam yang tidak berpori serta cukup tahan terhadap air dan noda. Keramik ini memiliki ketahanan panas yang tinggi, sehingga cocok diletakkan di sekitar kolam renang.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/02/172300476/tips-memilih-keramik-untuk-teras-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke