Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Padukan Cat Dinding Warna Hijau dengan Dekorasi Kuning? Begini Caranya

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menciptakan nuansa yang harmonis, hubungan antara warna dalam interior harus dipadukan dengan sempurna.

Dengan perpaduan warna yang harmonis, membuat tiap ruangan memiliki nuansa yang berbeda.

Setiap warna memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga harus dipadukan dengan warna yang lain yang memiliki karakteristik yang sejalan.

Namun, apakah bisa memadukan warna-warna yang berlawanan seperti hijau dan kuning yang memiliki karakteristik yang kuat?

Dikutip dari Decortips, Rabu (11/11/2020), berikut berbagai saran untuk memadukan kedua warna tersebut di dalam ruang rumah. 

Hijau dan kuning adalah warna yang berlawanan

Hal pertama yang harus dipahami adalah bahwa kedua warna tersebut memiliki karakter yang berlawanan.

Dalam warna hijau, bisa ditemukkan nuansa yang lebih sejuk, seperti warna biru, sedangkan untuk warna kuning sebaliknya yang menampilkan kesan cerah seperti oranye.

Namun, walaupun terpisah secara estetika, jika keduanya dapat dikoordinasikan dalam interior, kedua warna ini bisa menghasilkan efek visual yang menarik.

Cara mencocokkan warna hijau dan kuning

Dalam desain interior, Anda dapat menemukan berbagai cara untuk mencocokan kedua warna ini dengan baik, berikut beberapa caranya. 

  • Anda dapat menggunakan warna kuning di beberapa bagian dinding (tidak seluruhnya) dan beberapa dinding lagi dengan warna hijau.
  • Salah satu warna bisa mendominasi ruangan. Jika Anda ingin kuning mendominasi, buatlah salah satu warna lebih gelap, seperti kuning mustard.
  • Jika Anda menggunakan warna hijau di dinding Anda, Anda dapat menggunakan tirai kuning di jendela. Dengan perpaduan ini, Anda akan mendapatkan nuansa lebih terang dan cerah.
  • Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikannya di kamar tidur. Aplikasikan salah satu warna tersebut di dinding, kemudian padukan dengan selimut dan aksesori dengan warna lainnya.

Aplikasikan di sofa

Jika dinding menggunakan warna hijau, Anda bisa mengaplikasikan warna kuning untuk sofa atau cushion. Sehingga bisa mendapatkan dua nuansa sejuk dari warna hijau dan cerah dari warna kuning.

Aplikasi di kamar mandi

Biasanya, kamar mandi didominasi dengan warna putih, namun Anda bisa memberikan sentuhan lain seperti kuning dan hijau ini di beberapa elemen lainnya seperti tirai kamar mandi, funiture, handuk, dll.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/11/130100476/padukan-cat-dinding-warna-hijau-dengan-dekorasi-kuning-begini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke