Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misteri Area 51: Konspirasi dan Fakta di Balik Pangkalan Militer Tersembunyi AS

Kompas.com - 22/05/2024, 20:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber BBC

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Area 51, sebuah pangkalan militer yang terletak di Nevada, Amerika Serikat, telah lama menjadi objek spekulasi dan teori konspirasi. 

Pangkalan ini secara resmi dikenal sebagai Nevada Test and Training Range, namun nama Area 51 lebih populer di kalangan masyarakat umum. 

Apa yang membuat Area 51 begitu menarik sekaligus misterius?

Baca juga: Video Resmi Kate Middleton Tak Bendung Teori Konspirasi, Tagar #Kategate Makin Mencuat

Sejarah Area 51

Dilansir dari BBC (2019), Area 51 didirikan pada awal 1950-an sebagai tempat pengujian pesawat-pesawat mata-mata seperti U-2 dan SR-71 Blackbird. 

Keberadaan pangkalan ini tidak diakui secara resmi oleh pemerintah AS hingga pada tahun 2013, CIA merilis dokumen yang mengkonfirmasi eksistensinya. 

Pangkalan ini digunakan untuk mengembangkan dan menguji teknologi militer canggih yang sering kali dirahasiakan dari publik.

Kerahasiaan Area 51

Keamanan di Area 51 sangat ketat. Pangkalan ini dikelilingi ratusan kilometer gurun dan akses ke dalamnya sangat dibatasi. Bahkan, wilayah udara di atas Area 51 dilarang untuk penerbangan komersial. 

Tindakan keamanan ini menambah aura misteri di sekitar Area 51 dan memicu berbagai spekulasi tentang apa yang sebenarnya terjadi di dalam pangkalan tersebut.

Baca juga: Teori Konspirasi Keberadaan Kate Middleton Makin Ramai di Dunia Maya

Teori Konspirasi Area 51

Seiring dengan ketatnya pengamanan dan minimnya informasi yang tersedia, berbagai teori konspirasi pun berkembang. Dilansir dari New York Times (2013), salah satu teori yang paling populer adalah bahwa Area 51 menyimpan bukti tentang adanya kehidupan luar angkasa. 

Banyak yang percaya bahwa bangkai pesawat alien dan makhluk luar angkasa disembunyikan dan diteliti di sana. Teori ini diperkuat oleh insiden Roswell tahun 1947, di mana sebuah objek yang diduga UFO jatuh di New Mexico.

Selain itu, ada juga teori bahwa Area 51 digunakan untuk eksperimen rahasia lainnya, termasuk pengembangan senjata baru dan teknologi canggih yang belum diketahui publik. Namun, hingga saat ini, tidak ada bukti konkret yang mendukung teori-teori tersebut.

Foto yang diambil Gabriel Zeifman pada April menunjukkan sebuah hanggar sedang dibangun di Area 51. Namun hanggar itu hilang secara misterius pada Juli, saat Zeifman kembali memotret area yang sama.INSTAGRAM @gabezeif via MIRROR Foto yang diambil Gabriel Zeifman pada April menunjukkan sebuah hanggar sedang dibangun di Area 51. Namun hanggar itu hilang secara misterius pada Juli, saat Zeifman kembali memotret area yang sama.

Fakta Area 51

Meskipun teori konspirasi terus berlanjut, sejumlah fakta tentang Area 51 telah terungkap. Pangkalan ini memang menjadi lokasi pengembangan pesawat-pesawat canggih, seperti pesawat siluman F-117 Nighthawk. 

Baca juga: Istri Kepala Mata-mata Militer Ukraina Diracun, Ada Konspirasi Internal?

Pengujian pesawat-pesawat ini sering kali dilakukan pada malam hari, yang mungkin menjelaskan banyaknya laporan tentang penampakan objek terbang tak dikenal (UFO) di daerah sekitar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com