Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punggung Basah dan Kepala Pusing, Pelajar Filipina Menderita akibat Panas Ekstrem

Kompas.com - 29/04/2024, 15:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

MANILA, KOMPAS.com - Panas terik di Filipina dapat menghambat produksi pertanian, mengganggu pasokan air dan listrik, serta membebani dunia usaha.

Panas juga berdampak buruk pada pelajar sehingga menghambat upaya negara Asia Tenggara tersebut untuk memperkecil ketertinggalan negara-negara tetangganya di bidang pendidikan.

Indeks panas telah mencapai 50 derajat celsius (122 derajat fahrenheit) di berbagai wilayah di Filipina.

Baca juga: Filipina Tutup Sekolah 2 Hari karena Cuaca Panas Ekstrem

Dilansir dari Reuters, fenomena cuaca El Nino memperparah suhu panas yang menyelimuti negara tersebut pada bulan-bulan musim panas di bulan Maret hingga Mei.

Filipina termasuk negara dengan nilai terendah di dunia dalam bidang matematika, sains, dan membaca.

Hal ini sebagian disebabkan oleh kurangnya pembelajaran jarak jauh selama pandemi, menurut Program for International Student Assessment, sebuah studi internasional mengenai sistem pendidikan.

"Sekarang cuaca sangat panas. Panasnya membakar kulit saya, tidak seperti panas biasanya (musim panas) yang bisa ditoleransi," kata siswa sekolah menengah atas Kirt Mahusay, 23, yang pendidikannya terhenti karena Covid-19.

Ribuan sekolah telah meliburkan kelas karena cuaca panas, yang berdampak pada lebih dari 3,6 juta siswa, menurut data Kementerian Pendidikan.

"Pada bulan Mei, kami memperkirakan akan ada lebih banyak kelas yang ditangguhkan karena gelombang panas. Kami melihat suhu rata-rata lebih dari 52 derajat celsius (125 F), jadi Anda bisa membayangkan betapa stresnya hal ini bagi para pelajar," kata Xerxes Castro, penasihat pendidikan dasar untuk Save the Children Filipina.

Panas yang menyengat, yang menyebar di sebagian besar Asia Selatan dan Tenggara, diperburuk oleh perubahan iklim, mempersulit siswa untuk belajar.

Baca juga: Atlet Palestina Bakal Diundang ke Olimpiade Paris 2024

Anak-anak sangat rentan terhadap penyakit yang berhubungan dengan panas seperti pusing, muntah, dan pingsan ketika terkena panas ekstrem dalam jangka waktu lama, menurut Save the Children Filipina.

Siswa dan guru telah menyatakan keprihatinannya tentang kesulitan dalam pengajaran dan pembelajaran jarak jauh, terutama di daerah miskin dimana rumah tidak kondusif untuk belajar dan mungkin tidak memiliki akses terhadap konektivitas internet yang baik.

“Saya tidak bisa fokus karena pusing karena kepanasan," kata Esmaira Solaiman, siswa SMA berusia 20 tahun yang pembelajarannya tertunda selama pandemi, setelah mengikuti kelas online dari rumah.

Siswa yang menghadiri kelas tatap muka di ibu kota Manila menggunakan kipas angin portabel, buku catatan, dan bahkan kotak kardus untuk mendapatkan angin sepoi-sepoi untuk memberikan bantuan.

Baca juga: China Jadi Tuan Rumah Perundingan Persatuan Palestina bagi Hamas-Fatah

“Tekanan darah saya meningkat karena panas,” kata Memia Santos, guru sekolah menengah berusia 62 tahun. “Punggung kami basah dan terkadang kami pusing.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com