Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Pencakar Langit Texas Menggelap di Malam Hari, Selamatkan Miliaran Burung dari Tabrakan

Kompas.com - 12/04/2024, 18:32 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber BBC

MIAMI, KOMPAS.com - Sekitar dua miliar burung terbang melintasi Texas pada musim semi. Tapi, bangunan yang menyala di sana menimbulkan risiko mematikan.

Karena itu, mematikan lampu di malam hari bisa menyelamatkan banyak tabrakan fatal.

Di sebuah Kamis pagi yang berkabut, supervisor layanan hewan Josh Henderson menerima berita tentang kematian massal.

Pada tanggal 4 Mei 2017, 395 burung migran mati setelah menabrak salah satu menara perkantoran di Galveston, Texas.

Baca juga: Wabah Flu Burung pada Sapi Meluas di Sejumlah Negara Bagian AS

Seperti dilansir dari laporan BBC, Henderson bergegas ke tempat kejadian untuk menyaksikan spektrum bulu yang mengerikan, mulai dari kuning dan oranye hingga biru dan abu-abu dari tubuh kecil tak bernyawa itu.

“Ini sungguh menakjubkan sekaligus tragis,” kata Henderson, yang kini menjabat direktur eksekutif Humane Society di Galveston.

Kebanyakan dari mereka adalah burung pengicau: burung kecil, cerah, berwarna-warni yang banyak terdapat di Texas.

Mereka sedang melakukan migrasi mudik di musim semi, sebuah perjalanan dari tempat musim dingin di selatan Meksiko ke tempat bersarang di utara hingga Kanada, menurut National Audubon Society, kelompok konservasi burung yang berbasis di AS.

Texas adalah negara bagian jalan layang yang besar yang dilintasi sekitar dua miliar burung. Satu dari tiga burung yang bermigrasi melalui AS, terbang melalui Lone Star State pada musim semi.

Letaknya yang strategis di pertemuan dua jalur terbang migrasi utama, jalur luas utara-selatan yang digunakan oleh banyak spesies burung untuk bermigrasi.

Jalur Terbang Amerika Tengah, yang membentang dari Arktik Kanada hingga ujung selatan Argentina, dan Jalur Terbang Mississippi yang kaya akan jalur air, yang disukai oleh burung air yang bermigrasi, melewati Texas.

Baca juga: Sapi Perah di AS Terdeteksi Idap Flu Burung

Di sepanjang rute, banyak sekali bahaya, termasuk lampu kota yang terang benderang. Meskipun tabrakan Galveston adalah contoh yang sangat dramatis, burung yang menabrak bangunan adalah fenomena umum.

Setiap tahun, antara 365 juta hingga satu miliar burung diperkirakan terbunuh dalam tabrakan gedung di AS. Risikonya meningkat ketika mereka bermigrasi dan melewati kota dalam jumlah besar.

Lebih dari separuh kecelakaan fatal tersebut terjadi pada bangunan bertingkat rendah, seperti rumah penduduk.

Burung mungkin bertabrakan dengan burung dalam jumlah kecil di setiap bangunan, namun jumlah tersebut akan bertambah seiring dengan tersebarnya luas rumah.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com