Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Mayat Ditemukan di Meksiko, Ada Kertas Merinci Alasan Mereka Dibunuh

Kompas.com - 07/04/2024, 21:44 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber ABC News

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Pihak berwenang Meksiko menemukan tujuh mayat di dalam mobil yang ditinggalkan di tengah lalu lintas jalan tol pada jumat (5/4/2024).

Menurut Gilberto Higuera selaku Kepala Jaksa di negara bagian Puebla, lima diantara mayat itu dipenggal dan satu lagi dimutilasi.

Ia juga mengatakan, semua jenazah membawa pesan yang menjelaskan alasan masing-masing korban tersebut dibunuh.

Baca juga: Meksiko Tiba-tiba Putus Hubungan Diplomatik dengan Ekuador, Apa Penyebabnya?

Masing-masing dari mereka dituduh melakukan kejahatan tertentu, mulai dari pengedaran narkoba di jalanan, perampokan truk pengangkut barang, hingga pemerasan.

"Pada masing-masing jenazah, kami menemukan pesan tulisan tangan di atas kertas, masing-masing merinci alasan mereka dibunuh," kata Gilberto Higuera, dikutip dari ABC News pada Sabtu (6/4/2024).

Namun, Higuera tidak menyebutkan apakah kematian tersebut terkait dengan kartel narkoba. Dia mengatakan mobil curian itu ditinggalkan di tengah lalu lintas di jalan tol.

Meskipun kelompok main hakim sendiri kadang-kadang meninggalkan pesan seperti itu pada mayat, tanda-tanda serupa jauh lebih sering ditinggalkan pada tubuh korban.

Yakni oleh kartel narkoba yang berupaya mengancam saingan mereka atau menghukum perilaku yang mereka anggap melanggar aturan mereka.

Higuera sangat berhati-hati dalam menggambarkan bukti-bukti tersebut, namun menyatakan bahwa bukti tersebut melibatkan tidak hanya perselisihan (antar geng).

Tetapi juga sesuatu yang berkaitan dengan dominasi terhadap orang-orang tertentu, yang bertujuan tidak hanya untuk mendominasi, namun juga perekrutan.

Dia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai hal itu. Namun beberapa kartel di Meksiko, ketika ingin menjadikan suatu wilayah sebagai milik mereka, maka akan membunuh saingannya atau pencuri kecil atau pengedar narkoba yang mereka temukan.

Mereka lantas meninggalkan pesan untuk meyakinkan penduduk setempat bahwa kegiatan semacam itu tidak akan ditoleransi di bawah kartel baru.

Baca juga: 12 Orang Tewas akibat Bentrokan di Suriah yang Dipicu Insiden Kemarin

Smentara meninggalkan jenazah di tengah jalan tol juga merupakan hal yang tidak biasa.

Polisi segera diberitahu mengenai mobil berisi mayat tersebut karena menghalangi lalu lintas di jalan lingkar utama kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com