Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] Kian Banyak Warga Rusia Daftar Perang | Kronologi Israel Tembaki Pekerja Bantuan di Gaza

Kompas.com - 05/04/2024, 05:21 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KOMPAS.com - Berita Militer Rusia mengekliam kian banyak orang yang mendaftar untuk beperang di Ukraina sejak penembakan konser Moskwa terjadi memuncaki daftar Populer Global kali ini.

Di bawahnya, ada berita tentang kronologi penembakan Israel terhadap pekerja bantuan di Gaza yang tergabung dalam World Central Kitchen (WCK).

Berita di kanal Global Kompas.com yang paling banyak dibaca selanjutnya, yakni terkait korban jiwa dan terluka bertambah dalam musibah gempa Taiwan.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Gempa Taiwan M 7,4 | Palestina Ajukan Lagi Jadi Anggota PBB

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman daftar Populer Global edisi Kamis (4/4/2024) hingga Jumat (5/4/2024) pagi yang dapat Anda simak:

1. Orang Rusia yang Daftar untuk Perang di Ukraina Meningkat sejak Penembakan Konser Moskwa

Militer Rusia pada Rabu (3/4/2024) mengatakan, jumlah orang yang mendaftar untuk berperang di Ukraina melonjak sejak penembakan di konser Moskwa terjadi.

Kelompok ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan lebih dari 140 orang itu, tetapi Presiden Rusia Vladimir Putin terus menuding Ukraina sebagai dalangnya meski tak memaparkan bukti.

“Selama 1,5 minggu terakhir, titik perekrutan militer mencatat peningkatan signifikan dalam jumlah orang yang ingin menandatangani kontrak dengan Kementerian Pertahanan Rusia untuk ikut andil dalam operasi militer khusus,” ujar Kemenhan Rusia.

Baca selengkapnya di sini

2. Koki Pekerja Bantuan Ungkap Kronologi Israel Tembaki Timnya di Gaza

Koki Jose Andres dalam wawancara dengan Reuters pada Rabu (3/4/2024) mengatakan, Israel menargetkan mereka secara sistematis dari satu mobil ke mobil lainnya.

Serangan Israel terhadap kelompok amal World Central Kitchen (WCK) itu menewaskan tujuh pekerja bantuan di bidang makanan yang dipimpin Andres.

Sang koki berujar, WCK—yang ia dirikan—sudah berkomunikasi jelas dengan militer Israel dan tentara Israel (IDF) mengetahui gerak-gerik pekerja bantuannya.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Israel Serang Kedubes Iran | 6 Menteri Peru Mundur

3. Korban Gempa Taiwan Capai 1.050 Orang, 52 Lainnya Masih Hilang

Gempa Taiwan berkekuatan magnitudo 7,4 pada Rabu (3/4/2024) pagi menewaskan sembilan orang.

Sedangkan korban luka mencapai lebih dari 1.000 orang. Sementara itu puluhan pekerja dalam perjalanan ke sebuah hotel di taman nasional masih hilang. Gempa itu jadi yang terkuat dalam 25 tahun terakhir.

Gempa itu juga mengguncang bangunan-bangunan di ibu kota Taipei, namun kerusakan dan gangguan di sana tidak terlalu parah.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com