Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah 2 Korban, Total Kematian akibat Suplemen Jepang Jadi 4 Orang

Kompas.com - 28/03/2024, 11:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Pada Kamis (28/3/2024) ini, sebuah produsen suplemen Jepang melaporkan dua kematian lagi terkait suplemen tersebut.

Dikutip dari AFP, pekan lalu Kobayashi Pharmaceutical menarik kembali tiga merek suplemen yakni "Beni Koji Choleste Help" dan dua produk lainnya.

Ketiganya mengandung bahan yang disebut beras ragi merah, atau "beni koji", yang diharapkan dapat membantu menurunkan kolesterol.

Baca juga: Diduga Sebabkan 2 Kematian, Suplemen Penurun Kolesterol Jepang Ditarik dari Pasaran

Pengumuman hari Kamis ini menjadikan jumlah total kematian yang sedang diselidiki oleh perusahaan dan kementerian kesehatan Jepang menjadi empat.

Sementara yang dirawat di rumah sakit ada lebih dari 100 orang.

"Kami diberitahu kemarin oleh keluarga yang berduka bahwa seseorang yang menggunakan Choleste Help telah meninggal dunia karena penyakit ginjal," kata produsen obat tersebut dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis.

Ia menambahkan bahwa telah diberitahu secara terpisah bahwa orang lain yang mengonsumsi Choleste dalam beberapa tahun terakhir telah meninggal.

"Kami sedang dalam proses mengonfirmasi fakta dan hubungan sebab akibat dalam kedua kasus ini. Namun, kami memutuskan untuk mempublikasikan laporan ini dari sudut pandang pengungkapan yang cepat," jelas dia.

Perusahaan yang bermarkas di Osaka ini mengatakan pihaknya juga telah memasok beras ragi merah ke sekitar 50 perusahaan lain di Jepang dan dua di Taiwan.

Kobayashi Pharmaceutical menjual berbagai macam produk kesehatan yang dipasarkan melalui iklan televisi di Jepang.

Sedangkan penelitian medis menggambarkan beras ragi merah sebagai alternatif pengganti statin untuk menurunkan kolesterol tinggi, namun juga memperingatkan risiko kerusakan organ tergantung pada susunan kimianya.

Baca juga: UPDATE Kasus Suplemen di Jepang: Kemungkinan 2 Pasien Meninggal, 106 Orang Dirawat

Puluhan perusahaan Jepang yang menggunakan beni koji yang disediakan oleh Kobayashi Pharmaceutical juga secara terpisah mengumumkan penarikan kembali produk tersebut.

Produk yang terkena dampak termasuk berbagai tablet kesehatan, serta sake bersoda berwarna mawar, saus salad, roti dan pasta miso yang digunakan dalam banyak masakan tradisional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com