Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umat Islam di Singapura Akan Mulai Puasa Ramadhan 2024 pada Selasa 12 Maret

Kompas.com - 10/03/2024, 20:43 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber CNA

SINGAPURA, KOMPAS.com - Umat Islam di Singapura akan mulai menjalani puasa Ramadhan 2024 pada Selasa (12/3/2024).

Dalam mengumumkan awal puasa tersebut, Mufti Singapura mencatat bahwa menurut perhitungan astronomi, hilal untuk bulan Ramadhan "tidak mungkin terlihat di atas cakrawala Singapura" saat matahari terbenam pada Minggu (10/3/2024) malam.

Hal ini dikarenakan bulan sabit "terlalu kecil" dan "tidak memenuhi kriteria imkanur rukyah (perhitungan)" yang telah disepakati oleh negara-negara anggota MABIMS (Brunei, Malaysia, Indonesia, dan Singapura).

Baca juga: Prediksi Hari Pertama Ramadan 2024 di Malaysia

Mufti Singapura, Dr Nazirudin Mohd Nasir, menambahkan bahwa hari Senin (11/3/2024) menandai hari ke-30 dan selesainya bulan Syaban. 

"Dengan demikian, saya dengan senang hati mengumumkan bahwa hari pertama puasa untuk bulan Ramadhan jatuh pada hari Selasa, 12 Maret 2024," ucapnya, dikutip dari ChannelNews Asia (CNA). 

Mufti mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh umat Islam di Singapura. 

"Saya ingin mengucapkan kepada seluruh umat Islam di Singapura bulan Ramadhan yang penuh berkah, dan marilah kita menunaikan ibadah puasa dan ibadah lainnya dengan penuh penghayatan dan kesempurnaan," katanya.

"Semoga Tuhan memberikan kita kekuatan spiritual dan fisik untuk memeriahkan bulan ini sebaik mungkin," tambah Dr Nazirudin.

Baca juga: Biden Pesimistis Gencatan Senjata di Gaza Tercapai Sebelum Ramadhan Ini

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com