Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zelensky Respons Positif Bantuan Jet Tempur F-16

Kompas.com - 22/08/2023, 09:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

COPENHAGEN, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan kepada kerumunan orang di Denmark bahwa pengiriman jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat (AS) yang dijanjikan telah membuatnya yakin bahwa Ukraina dapat mengakhiri invasi Rusia.

Denmark dan Belanda mengumumkan bahwa mereka akan memasok F-16 pertama ke Ukraina.

Enam pesawat pertama akan dikirim kemungkinan pada Tahun Baru. Washington telah menyetujui pengiriman jet-jet tersebut sebelum kunjungan Zelensky ke Copenhagen.

Baca juga: Rangkuman Hari ke-544 Serangan Rusia ke Ukraina: Belanda dan Denmark Sumbangkan Jet Tempur F-16 ke Ukraina | Sumpah Pembalasan Zelensky

"Hari ini kami yakin bahwa Rusia akan kalah dalam perang ini," kata Zelensky kepada ribuan orang yang berkumpul di luar parlemen Denmark untuk mendengarkan pidatonya, dilansir dari Reuters.

Rusia sebelumnya telah memperingatkan bahwa memasok jet-jet tersebut ke Ukraina hanya akan meningkatkan perang yang telah berlangsung selama hampir 18 bulan.

Pasukan Rusia menduduki hampir seperlima wilayah Ukraina dan Kyiv berjuang keras untuk mengusir mereka.

"Fakta bahwa Denmark kini memutuskan untuk menyumbangkan 19 pesawat F-16 ke Ukraina akan meningkatkan eskalasi konflik," ujar duta besar Rusia Vladimir Barbin dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh kantor berita Ritzau.

"Dengan bersembunyi di balik premis bahwa Ukraina sendiri yang harus menentukan syarat-syarat perdamaian, Denmark berusaha dengan tindakan dan kata-katanya untuk membuat Ukraina tidak memiliki pilihan lain selain melanjutkan konfrontasi militer dengan Rusia," katanya.

Militer Ukraina mengatakan bahwa jet tempur tersebut sangat penting bagi keberhasilan serangan balasannya, yang telah berjalan lambat sejak diluncurkan pada awal Juni, karena akan mencegah jet tempur Rusia menyerang pasukan yang sedang maju.

"Superioritas di udara adalah kunci keberhasilan di darat," kata juru bicara angkatan udara Yuriy Ihnat seperti dikutip media Ukraina.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Rusia Kembali Tangkis Drone Ukraina | Korut Batalkan Penerbangan Komersial

Menteri Pertahanan Denmark Jakob Ellemann-Jensen mengatakan Ukraina hanya dapat menggunakan F-16 yang disumbangkan di wilayahnya sendiri.

"Kami menyumbangkan senjata dengan syarat senjata tersebut digunakan untuk mengusir musuh dari wilayah Ukraina. Dan tidak lebih dari itu," kata Ellemann-Jensen.

"Itulah syaratnya, apakah itu tank, pesawat tempur atau yang lainnya," katanya.

Denmark akan mengirimkan 19 jet secara total. Belanda memiliki 42 pesawat F-16 secara keseluruhan, namun belum memutuskan apakah semuanya akan disumbangkan.

Baca juga: Denmark dan Belanda Sumbang F-16 ke Ukraina, Rusia: Hanya Akan Tingkatkan Konflik

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut keputusan itu sebagai kesepakatan terobosan

Menteri Pertahanan Oleksiy Reznikov mengatakan  bahwa pilot-pilot Ukraina telah mulai berlatih, tetapi akan memakan waktu setidaknya enam bulan dan mungkin lebih lama untuk melatih para insinyur dan mekanik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com