Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Anak Kim Jong Un yang Diajak Nonton Rudal Korea Utara?

Kompas.com - 21/11/2022, 20:32 WIB
BBC News Indonesia,
Aditya Jaya Iswara

Tim Redaksi

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, muncul bersama putrinya yang masih muda di depan publik untuk pertama kalinya, sekaligus mengonfirmasi rumor tentang keberadaannya.

Anak perempuan itu, yang diyakini bernama Kim Chu Ae, menemaninya saat melakukan inspeksi rudal balistik interkontinental penting pada Jumat (18/11/2022).

Pasangan ayah-anak ini berdiri sambil bergandengan tangan selama tes yang dikutuk oleh AS itu berlangsung.

Baca juga: Putri Kim Jong Un Tampil untuk Pertama Kalinya, Amati Uji Coba Rudal Balistik dengan Ayah

Kim memimpin salah satu negara paling tertutup di dunia, dan hanya sedikit yang diketahui tentang kehidupan pribadinya.

Beberapa foto yang dipublikasikan oleh Kantor Berita Korea Utara, KCNA, menampakkan keduanya terus bergandengan tangan sambil bercakap-cakap, berbincang dengan para petugas, memeriksa rudal, dan menonton peluncurannya dari balkon penonton.

Lebih menarik dari tes rudal?

Analisis Jean Mackenzie, Koresponden BBC di Seoul

Munculnya anak perempuan Kim Jong Un telah menarik minat para analis Korea Utara, melebihi berita bahwa negara tersebut berhasil meluncurkan rudal balistik interkontental terkuatnya, yang diperkirakan mampu mencapai Amerika Serikat.

Mengapa? Karena ini mengungkap lebih jauh soal masa depan rezim dan program senjata nuklirnya. Atau setidaknya, ini menimbulkan sejumlah pertanyaan penting.

Pertama, apakah ini berarti dia akan dipilih sebagai penerus Kim Jong Un dan suatu hari nanti akan memimpin Korea Utara? Mungkin saja. Ini adalah dinasti kerajaan, artinya Kim pasti menginginkan salah satu anaknya untuk menggantikan kepemimpinannya.

Kedua, mengapa memunculkan anak perempuannya sekarang? Dia masih sangat muda. Jika Kim mempersiapkannya sejak sekarang, apakah pemimpin 38 tahun ini memiliki masalah kesehatan? 

Sejauh ini, kesehatan Kim Jong Un telah menjadi subyek banyak spekulasi, karena jika dia sakit, maka akan ada risiko besar terhadap stabilitas rezim.

Dan ketika, apa artinya ini bagi program senjata nuklir Korea Utara?

Membawa sang putri ke acara peluncuran yang sangat penting ini menandakan dia suatu saat nanti akan mengambil peran sangat penting dalam pengembangan senjata nuklir negara tersebut.

Baru-baru ini, Kim mengumumkan bahwa dia tidak akan, dalam kondisi apa pun, menyerahkan senjata-senjata nuklirnya.

Ini adalah cara untuk menunjukkan kepada dunia bahwa senjata nuklir masih akan tetap ada di Korea Utara, diturunkan ke generasi berikutnya.

Baca juga: Putri Kim Jong Un Dimunculkan ke Publik, Simbol Jadi Penerus?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com