Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Ikuti Instruksi Operator 911, Anak 10 Tahun Berhasil Bantu Persalinan Darurat Ibunya di Rumah

Kompas.com - 21/11/2022, 19:31 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

JENNINGS, KOMPAS.com - Miracle Moore, anak berusia 10 tahun, berhasil membantu persalinan darurat ibunya di rumah hanya dengan mengikuti instruksi operator 911.

Miracle Moore menghubungi operator darurat setelah ibunya, Viola Fair, diyakini harus segera menjalani persalinan prematur, tiga minggu lebih awal dari jadwal.

Karena sudah tidak ada waktu lagi untuk pergi ke rumah sakit, proses persalinan darurat terpaksa dilakukan di rumah mereka di Jennings, Missouri.

Baca juga: Video Viral Momen Persalinan dalam Penerbangan Melintasi Samudra Disambut Sorak Sorai Penumpang

Dalam panggilan telepon 10 menit yang menentukan, Miracle menerima penjelasan dari petugas tanggap darurat terkait protokol untuk membantu proses persalinan ibunya dengan aman.

Setelah proses selesai, “Viola Fair and Miracle menyambut bayi perempuan bernama Jayla di keluarga mereka,” kata para pejabat lokal sebagaimana dilansir Guardian pada Jumat (18/11/2022).

Begitu paramedis tiba, bayi yang baru lahir dan ibunya segera dibawa ke rumah sakit untuk menjalani proses observasi.

Atas pertolongan dan keberanian gadis 10 tahun itu, operator 911 setempat menggelar upacara pemberian penghargaan untuk Miracle.

Kepada stasiun berita televisi lokal KTVI, Miracle mengaku bagian terbaik dari seluruh pengalaman itu adalah menjadi orang pertama yang melihat Jayla (adiknya).

Baca juga: Wanita Ini Masih Kuat Bersolek dalam Proses Persalinan Pembukaan 10

Bocah 10 tahun itu pun sekarang sadar apa yang ingin dia lakukan ketika besar nanti. "Saya ingin menjadi dokter," kata Miracle.

"Saya ingin menjadi dokter seperti itu," tambahnya seraya menunjuk paramedis berseragam yang menghadiri upacara pemberian penghargaan khusus untuknya.

Operator 911 yang berbicara dengan Miracle, Scott Stranghoener, mengatakan bocah berusia 10 tahun itu "melakukan pekerjaan yang luar biasa".

"Dia mengikuti semua instruksi saya. Dan… beberapa menit kemudian bayi perempuan (adiknya) lahir di rumah itu,” kenangnya.

Ibu dari pahlawan kecil itu mengaku bangga memiliki dua bayi ajaib sekarang.

“Itu benar-benar keajaiban karena begitu bayinya keluar, saya tidak bisa benar-benar memeluk dan menggendongnya, lalu Miracle datang dan dia membungkusnya dengan handuk,” cerita Fair kepada KPLR.

Baca juga: Potret Memilukan Seorang Bayi dengan Foto Ibu yang Tewas Tertabrak Menjelang Persalinan

“Dia (Miracle) menyekanya dan menggosok punggungnya sedikit sehingga adinya bisa menangis. Jadi, dia sangat membantu. Saya sangat berterima kasih.”

Jalan gadis 10 tahun itu untuk memasuki bidang medis masih panjang.

Miracle berujar bahwa saat ini dia hanya bersemangat bisa menjadi kakak bagi Jayla dan saudaranya yang lain, Taylor.

“Dia sangat imut. Dia tidak banyak menangis, dan aku sering memeluknya,” kata Miracle tentang Jayla kepada KPLR.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Guardian
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com