Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Keon-hee, Sosok Ibu Negara yang "Langka" di Korea Selatan

Kompas.com - 16/11/2022, 21:06 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber SCMP

SEOUL, KOMPAS.com - Berikut adalah profil Kim Keon Hee, istri Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, yang menyita perhatian netizen Indonesia saat KTT G20 di Nusa Dua, Bali, 15-16 November 2022.

Dikutip dari South China Morning Post (9/7/2022), Kim Keon-hee adalah ibu negara yang tidak biasa dalam banyak hal.

Saat para ibu-ibu negara sebelumnya tidak menonjolkan diri ketika suaminya menjabat, Kim Keon-hee justru sebaliknya.

Baca juga: Deklarasi Bersama KTT G20, Mayoritas Anggota Kecam Keras Perang Rusia-Ukraina

Kadang-kadang ia bahkan mencuri lampu sorot dari suaminya, seperti ketika Yoon Suk-yeol menghadiri KTT NATO 2022 di Madrid, Spanyol.

Beberapa pakar fesyen memuji Kim Keon-hee karena pilihan pakaiannya. Ia juga disebut sebagai ibu negara yang langka di Korea Selatan, karena memiliki klub penggemar sendiri.

Di portal web terbesar Korea Selatan, Naver, terdapat situs penggemar resmi Kim Keon-hee yang didirikan pada Desember 2021. Anggotanya kini mencapai lebih dari 93.000.

Ada juga fan page Facebook "Keon-hee sarang" dalam bahasa Korea yang berarti "Cinta untuk Keon-hee". Laman tersebut mengunggah foto-foto kehidupan sehari-hari perempuan berusia 50 tahun tersebut yang belum pernah dirilis di dalam dan luar kantor kepresidenan.

Profil Kim Keon-hee

Sosok istri presiden Korea Selatan, Kim Keon-hee yang mencuri perhatian warganet saat acara KTT G20 di Bali.Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden Sosok istri presiden Korea Selatan, Kim Keon-hee yang mencuri perhatian warganet saat acara KTT G20 di Bali.
Dikutip dari The Straits Times (10/3/2022), Kim Keon-hee lahir pada 1972 dan menempuh bidang studi seni lukis di Universitas Kyonggi, Korea Selatan.

Ia kemudian melanjutkan gelar master dalam pendidikan seni, hingga mendapatkan gelar doktor dalam desain konten digital.

Setelah kariernya menanjak di industri seni dan desain, Kim Keon-hee bekerja sebagai instruktur di sekolah dan universitas, serta mendirikan perusahaan konten budaya Covana Contents pada 2007.

"Sejak usia dini, saya tertarik pada seni. (Dari latar belakang akademis) saya secara alami berkeinginan memulai bisnis yang dapat menyebarkan nilai seni," terang Kim Keon-hee dalam wawancara dengan DongA Business Review pada 2015, tentang perusahaannya.

"Saya ingin melampaui pameran seni untuk menciptakan pengaruh positif di sektor budaya secara keseluruhan," lanjutnya.

Perusahaannya sudah menyelenggarakan pameran seni dari nama-nama besar seperti Alberto Giacometti, Marc Chagall, dan Mark Rothko.

Baca juga: G20 dan Nasib Rusia - Ukraina

Kim Keon-hee menikah dengan Yoon Suk-yeol pada Maret 2012. Kim saat itu berumur 40 tahun, sedangkan Yoon 52 tahun.

Kisah cinta dan awal pertemuan mereka tidak banyak diketahui. Kim hanya menyebutkan, dia sudah mengenal Yoon selama bertahun-tahun.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com