Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guncangan Terjadi di Dekat Situs Uji Coba Nuklir Korea Utara, Diduga Gempa Bumi Alami

Kompas.com - 08/10/2022, 08:51 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Reuters

SEOUL, KOMPAS.com - Gempa kecil terjadi pada Sabtu (8/10/2022) dini hari terjadi di dekat lokasi uji coba nuklir Korea Utara, kemungkinan merupakan gempa alami menurut kata badan cuaca Korea Selatan.

Peristiwa itu terjadi di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang kemungkinan uji coba nuklir oleh Pyongyang.

Gempa berkekuatan 2,5 SR mengguncang daerah di timur laut situs uji coba nuklir Punggye-ri Korea Utara pada pukul 2.54 pagi waktu setempat, kata Badan Meteorologi Korea Selatan sebagaimana dilansir Reuters pada Sabtu (8/10/2022).

Baca juga: Korea Utara Ungkap Tujuan Tembakkan Rudal Balistik ke Jepang

"Ini dinilai sebagai gempa alami," kata badan tersebut dalam sebuah pemberitahuan. Gampa tersebut memiliki kedalaman getaran di 23 kilometer.

Daerah yang sama merupakan lokasi gempa kecil pada awal tahun yang menurut para analis disebabkan oleh ketidakstabilan geologis yang berasal dari aktivitas di lokasi uji.

Korea Utara diyakini telah menyelesaikan persiapan untuk uji coba nuklir ketujuh di lokasi uji Punggye-ri, yang akan menjadi yang pertama sejak 2017, kata para pejabat di Seoul dan Washington.

Perkiraan pelaksananya diyakini mungkin terjadi antara 16 Oktober dan 7 November, menurut anggota parlemen Korea Selatan pekan lalu, mengutip badan intelijen negara yang memberi pengarahan kepada mereka.

Baca juga: Korea Utara Dicurigai Tembakkan 2 Rudal Balistik Lagi

Namun Menteri Pertahanan Korea Selatan Lee Jong-sup mengatakan sulit untuk memprediksi kapan Korea Utara akan melakukan tes baru.

Korea Selatan dan Amerika Serikat mengadakan latihan angkatan laut bersama yang melibatkan kapal induk AS minggu ini, setelah Korea Utara menembakkan serangkaian rudal balistik termasuk rudal balistik jarak menengah di atas Jepang pada Selasa (4/10/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com