Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik Lagi, Keempat dalam Pekan Ini

Kompas.com - 01/10/2022, 08:58 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP,NHK

PYONGYANG, KOMPAS.com – Penjaga Pantai Jepang menyebut Korea Utara menembakkan apa yang tampaknya seperti dua rudal balistik pada Sabtu (1/10/2022).

Penjaga pantai “Negeri Samurai” mengungkap hal itu mengutip keterangan dari Kementerian Pertahanan Jepang.

“Setidaknya dua proyektil diluncurkan dari Korea Utara,” kata The Japan Coast Guard.

Baca juga: Korea Utara 3 Kali Tembakkan Rudal Balistik dalam 5 Hari

Sementara penyiar publik Jepang NHK mengatakan benda-benda itu tampaknya jatuh di luar zona ekonomi eksklusif Jepang.

"Apa yang tampak seperti rudal balistik diluncurkan dari Korea Utara," kata Penjaga Pantai dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada pukul 06.47 (2147 GMT), sebagaimana dikutip dari AFP.

Dalam pernyataan kedua yang dikeluarkan sekitar 15 menit kemudian, Penjaga Pantai Jeang mengatakan rudal balistik lain diluncurkan.

NHK mengatakan kedua proyektil tampaknya telah jatuh di luar zona ekonomi eksklusif Jepang, mengutip sumber-sumber dari Pemerintah Jepang.

Korea Utara yang bersenjata nuklir telah melakukan serangkaian uji coba senjata yang memecahkan rekor pada tahun ini, termasuk dua rudal balistik yang diluncurkan pada Kamis (28/9/2022), hanya beberapa jam setelah Wakil Presiden AS Kamala Harris meninggalkan Korea Selatan.

Baca juga:

Dalam sepekan ini, Korea Utara terhitung telah melakukan pelucuran rudal balistik sebanyak empat kali.

Pejabat Korea Selatan dan AS juga telah memperingatkan selama berbulan-bulan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sedang bersiap untuk melakukan uji coba nuklir lagi.

Negara yang berada di bawah beberapa sanksi PBB untuk program senjatanya itu seringkali berusaha memaksimalkan dampak geopolitik dari uju coba dengan waktu yang cermat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,NHK

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com