Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turkiye Borong Minyak Rusia, Impor Naik 2 Kali Lipat

Kompas.com - 28/08/2022, 20:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

Penulis: VOA Indonesia

ANKARA, KOMPAS.com - Turkiye meningkatkan volume impor minyak dari Rusia tahun ini seiring dengan rencana kedua negara tersebut untuk menjalin kerja sama bisnis, terutama perdagangan energi di tengah sanksi barat yang melanda Rusia, demikian data lembaga Refinitiv Eikon menunjukkan.

Perdagangan antara Turkiye dan Rusia telah berkembang pesat sejak musim semi karena perusahaan-perusahaan Turkiye yang tidak dilarang berurusan dengan mitra bisnis dari Rusia berusaha mengisi peluang setelah Uni Eropa hengkang dari Moskwa akibat agresi di Ukraina.

Turkiye meningkatkan impor minyak dari Rusia, termasuk jenis Ural dan Siberian Light, dengan volume yang melebihi 200.000 barel per hari (bph) sepanjang tahun ini dibandingkan dengan hanya 98.000 bph untuk periode yang sama tahun 2021, menurut data Refinitiv.

Baca juga: Jaga Hubungan Baik, Myanmar Akan Impor Minyak dari Rusia

Turkiye tidak menerapkan sanksi apapun terhadap Rusia atas tindakan agresinya di Ukraina. Ankara berkilah pihaknya masih bergantung pada pasokan energi Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turkiye Tayyip Erdogan bertemu pada awal Agustus dan bersepakat untuk meningkatkan kerja sama bisnis.

Kilang utama Turkiye, Tupras, dan STAR SOCAR dari Azerbaijan secara signifikan meningkatkan pasokan minyak Ural Rusia dan Siberian Light pada tahun ini. Di waktu yang sama, mereka justru mengurangi pembelian minyak Laut Utara, Irak dan Afrika Barat, data menunjukkan.

Baca juga: India Jadi Tempat Penyamaran Minyak Mentah Rusia untuk Dikirim ke AS

Selama beberapa tahun terakhir, kilang STAR meningkatkan pembelian Johan Sverdrup Norwegia dan minyak Irak, yang kualitasnya mendekati Ural karena harga minyak Rusia telah naik.

Kilang STAR diperkirakan akan membeli sekitar 90.000 bph minyak dari Rusia selama Januari hingga Agustus 2022 dibandingkan dengan 48.000 bph selama periode yang sama tahun lalu, menurut data Refinitiv Eikon.

Data tersebut juga menunjukkan, kilang Tupras akan membeli sekitar 111.000 bph minyak dari Rusia pada Januari hingga Agustus tahun ini dibandingkan dengan hanya 45.000 bph selama periode yang sama tahun lalu.

Artikel ini pernah tayang di VOA Indonesia dengan judul Impor Minyak Turki dari Rusia Naik Dua Kali Lipat.

Baca juga: Fasilitas Minyak Kuba Masih Menyala Setelah 4 Hari Terbakar, Api Sambar Tangki Keempat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com