Republik Rakyat Donetsk Ingin Kerja Sama Bilateral dengan Korea Utara

Kompas.com - 17/08/2022, 10:31 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com – Korea Utara dan Republik Rakyat Donetsk akan mengembangkan kerja sama bilateral yang sama-sama menguntungkan.

Hal tersebut disampaikan Pemimpin Republik Rakyat Donetsk Denis Pushilin dalam sebuah surat kepada Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, KCNA melaporkan, Rabu (17/8/2022).

Republik Rakyat Donetsk merupakan wilayah yang memproklamirkan diri di Ukraina timur alias Donbass, dikuasai separatis pro-Rusia.

Baca juga: Pemimpin Republik Rakyat Donetsk Tolak Cabut Hukuman Mati untuk 3 Pejuang Asing Ukraina

Pada Juli, Korea Utara mengakui Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhansk sebagai negara merdeka.

Langkah itu membuat Korea Utara menjadi negara ketiga setelah Rusia dan Suriah yang mengakui Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhansk.

Akibat langkah tersebut, Ukraina segera memutuskan hubungan dengan Korea Utara, sebagaimana dilansir Reuters.

Baca juga: Berdirinya Republik Rakyat China dan Peran Besar Mao Zedong

Pushilin menulis surat untuk memberi selamat kepada Kim Jong Un pada hari kemerdekaan Korea 15 Agustus, KCNA melaporkan.

Surat tersebut berselang dua hari setelah KCNA melaporkan pesan serupa dari Presiden Rusia Vladimir Putin kepada Kim Jong Un.

“Rakyat di wilayah Donbas juga berjuang untuk mendapatkan kembali kemerdekaan dan keadilan sejarah mereka hari ini seperti yang dilakukan rakyat Korea 77 tahun yang lalu,” kata laporan KCNA mengutip surat Pushilin.

Baca juga: Korea Selatan Ungkap Paket Bantuan Skala Besar untuk Korea Utara jika Mau Denuklirisasi

“Pesan tersebut menyatakan keyakinan bahwa kerja sama bilateral yang sama-sama menguntungkan yang menyetujui kepentingan rakyat kedua negara akan dicapai antara Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Demokratik Korea (nama resmi Korea Utara),” tambah KCNA.

Sebelum ini, Pushilin berharap dapat menjalin kerja sama yang bermanfaat dan peningkatan perdagangan dengan Korea Utara.

Para pejabat Pyongyang, Rusia, dan daerah-daerah yang memisahkan diri telah membahas pengiriman pekerja dari Korea Utara.

Baca juga: Putin Janjikan Perluasan Hubungan Rusia dan Korea Utara ke Kim Jong Un

Berita video "Ikuti Jejak Rusia, Korea Utara Akui Kemerdekaan Luhanks dan Donetsk" dapat disimak di bawah ini


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.