Kompas.com - 17/08/2022, 08:42 WIB

WASHINTON DC, KOMPAS.com - Militer Amerika Serikat (AS) pada Selasa (16/8/2022) mengatakan telah melakukan uji coba rudal balistik antarbenua "Minuteman III" setelah tertunda untuk menghindari meningkatnya ketegangan dengan Beijing yang baru menggelar latihan militer China di dekat Taiwan.

China mengerahkan sejumlah pesawat dan menembakkan rudal langsung di Selat Taiwan pada awal Agustus ini setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi melakukan kunjungan ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

China menganggap Taiwan bagian dari wilayahnya dan tidak pernah mengatakan akan mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya.

Baca juga: China Jatuhkan Sanksi ke 7 Pejabat Taiwan, Ini Alasannya

"Uji coba itu menunjukkan kesiapan pasukan nuklir AS dan memberikan keyakinan akan daya mematikan dan efektivitas penangkal nuklir AS,” kata pernyataan militer AS, dikutip dari Reuters.

Rudal balistik AS itu menempuh jarak sekitar 4.200 mil (6.760 km) dan diluncurkan dari Vandenberg Space Force Base di California.

Militer AS mengatakan sekitar 300 tes semacam itu telah dilakukan sebelumnya dan tes itu bukan karena adanya peristiwa global tertentu.

Tes itu menunjukkan bahwa Washington tidak begitu khawatir dengan situasi yang meningkat di sekitar Taiwan, setidaknya dalam jangka pendek.

Pemerintahan Presiden Joe Biden mengatakan bahwa Amerika akan terus melakukan operasi udara dan laut rutin di Selat Taiwan dalam beberapa minggu mendatang.

Sementara itu, Militer China mengatakan pihaknya melakukan lebih banyak latihan di dekat Taiwan pada Senin (15/8/2022), ketika sekelompok anggota parlemen AS mengunjungi pulau yang diklaim China itu dan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen, yang mengatakan pemerintahnya berkomitmen untuk menjaga stabilitas.

Baca juga: Warga Taipei ke China: Tak Akan Mudah Rebut Taiwan, Lihat Rusia di Ukraina

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.