Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari ke-134 Serangan Rusia ke Ukraina, Menlu Rusia Hadiri G20 Bali, AS akan Bebaskan Pebasket yang Ditahan Rusia

Kompas.com - 08/07/2022, 06:10 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Al Jazeera

KOMPAS.com - Militer Ukraina mengatakan sejauh ini telah mencegah kemajuan signifikan Rusia ke utara wilayah Donetsk, tetapi tekanan meningkat dengan penembakan berat di kota Sloviansk dan daerah berpenduduk terdekat.

Kabar tersebut jadi pembuka rangkuman serangan Rusia ke Ukraina, yang sudah memasuki hari ke-134.

Dilansir Al Jazeera, berikut sejumlah poin lengkapnya.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Dominasi Agenda Pertemuan Menlu G20

Situasi Perang

- Penembakan berat terjadi di sepanjang garis depan di wilayah Donetsk pada hari Rabu (6/72022), tetapi pasukan Rusia membuat sedikit kemajuan, kata kementerian pertahanan Inggris.

- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pasukan Ukraina maju di wilayah negara yang diduduki oleh pasukan Rusia, khususnya di wilayah selatan Kherson dan Zaporizhia.

- Wali kota kota pelabuhan selatan Mykolaiv menekankan "tidak ada daerah aman" yang tersisa di kota dan mendesak penduduk untuk pergi.

Baca juga: Pro-Kontra Uni Eropa Labeli Nuklir dan Gas sebagai Energi Hijau

Diplomasi

- Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov telah terbang ke Bali untuk menghadiri pertemuan para menteri luar negeri G20, yang akan dibayangi ketegangan yang dipicu konflik Rusia-Ukraina.

- Menteri luar negeri Australia Penny Wong, menjelang pertemuan G20, meminta China untuk menggunakan pengaruhnya terhadap Rusia untuk menghentikan perang di Ukraina, yang disebutnya “tidak bermoral”.

- Perdana Menteri Irlandia Michael Martin, selama kunjungan ke ibu kota Ukraina, Kyiv, mengatakan tidak akan ada "tempat persembunyian" bagi mereka yang melakukan kejahatan perang.

- Presiden AS Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris telah berbicara dengan istri pemain bola basket AS Brittney Griner, yang dipenjara di Rusia, dan meyakinkannya bahwa Washington sedang berupaya untuk membebaskan Griner sesegera mungkin.

Baca juga: Harapan Besar AS dalam G20 soal Konflik Rusia-Ukraina

Ekonomi

- Ekspor gandum Ukraina anjlok 68,5 persen tahun-ke-tahun menjadi 163.000 ton dalam enam hari pertama Juli, bulan pertama musim 2022-2023, kata kementerian pertanian.

- Sebuah kapal kargo berbendera Rusia, Zhibek Zholy, yang diduga membawa gandum Ukraina yang dicuri, meninggalkan pelabuhan Karasu di barat laut Turkiye pada Rabu malam, menurut data pelacakan kapal Refinitiv.

Baca juga: Menteri Luar Negeri Rusia Kunjungi Bali, Hadiri Pertemuan G20

- Perancis harus bersiap untuk kemungkinan pemotongan pengiriman gas Rusia terkait dengan konteks perang Ukraina, kata Perdana Menteri Perancis Elisabeth Borne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com