Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] Penembakan Massal di Chicago | 3 Arti Pesan Zelensky ke Putin Lewat Jokowi

Kompas.com - 06/07/2022, 05:32 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KOMPAS.com – Berita mengenai insiden penembakan massal di Chicago saat hari kemerdekaan Amerika Serikat memuncaki daftar Populer Global kali ini.

Di bawahnya, ada artikel yang memuat penjelasan Dubes Ukraina untuk Indonesia mengenai pesan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kepada Presiden Rusia Vladimir Putin melalui Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

Berita internasional Kompas.com yang paling banyak dibaca selanjutnya sejak kemarin yakni mengenai penjelasan saksi penembakan massal di Chicago yang mulanya mengira suara tembakan adalah kembang api.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Stok BBM Sri Lanka Tinggal Sehari | Rusia Kuasai Luhansk

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman Populer Global edisi Selasa (5/7/2022) hingga Rabu (6/7/2022) yang dapat disimak:

1. Penembakan Massal di Chicago Saat Hari Kemerdekaan AS, 6 Tewas dan 36 Luka-luka

Sebanyak enam orang tewas dan sedikitnya 36 korban luka-luka dalam penembakan massal di pinggiran kota Chicago, saat parade hari kemerdekaan Amerika Serikat (AS) pada Senin (4/7/2022).

Lokasi penembakan tepatnya di Highland Park. Tersangka adalah seorang pria dengan senapan bertenaga tinggi yang menembak dari atap.

Polisi mengatakan, tersangka bernama Robert E Crimo III (22) yang berasal dari daerah tersebut. Mereka bilang bahwa dia mengendarai mobil Honda Fit 2010 perak.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Serba-serbi Pertemuan Jokowi dengan Putin

2. Dubes Ukraina Ungkap Pesan Zelensky ke Putin via Jokowi: Ada 3 Arti

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin pada Selasa (5/7/2022) mengatakan, ada pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke Presiden Rusia Vladimir Putin melalui Presiden Indonesia Joko Widodo, tetapi pesan itu bisa diartikan tiga hal.

Presiden Jokowi bertemu Putin pada Kamis (30/6/2022) dan menyampaikan pesan Zelensky ketika Jokowi ke Ukraina sehari sebelumnya.

"Pesan dari Ukraina ke Rusia disampaikan oleh Bapak Presiden (Joko Widodo), pesan itu bisa memiliki tiga arti," ujar Dubes Hamianin dalam konferensi pers virtual.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Reaksi Media Rusia atas Kunjungan Jokowi ke Ukraina | Rusia Tingkatkan Serangan setelah Jokowi Berkunjung

3. Saksi Penembakan Massal pada Hari Kemerdekaan AS: Ada 200 Tembakan, Saya Kira Kembang Api

 

Saksi mata dalam penembakan massal di Highland Park, kota Chicago, Amerika Serikat, saat parade hari kemerdekaan AS pada Senin (4/7/2022) mengira suara yang didengarnya adalah kembang api tetapi orang-orang berlarian.

"Kedengarannya seperti kembang api yang meledak," kata pensiunan dokter Richard Kaufman.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com