Kompas.com - 05/07/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Berita tentang Sri Lanka kesulitan bayar minyak sehingga stok BBM-nya tinggal sehari, memuncaki daftar artikel populer global kali ini.

Di bawahnya ada perintah baru Presiden Vladimir Putin setelah Rusia menguasai Luhansk, dan Ukraina mengakui kekalahan di Lysychansk.

Berikut adalah rangkuman populer global sepanjang Senin (4/7/2022) hingga Selasa (5/7/2022).

Baca juga: Rusia Tuding Barat Larang Ukraina Memikirkan Perdamaian, Ini yang Diucap

1. Sri Lanka Kesulitan Bayar Minyak, Stok BBM Hanya Bertahan Sehari

Sri Lanka kesulitan mengumpulkan uang senilai 587 juta dollar AS (Rp 8,7 triliun) untuk membayar sekitar enam pengiriman bahan bakar minyak (BBM).

Laporan terbaru tersebut disampaikan Menteri Tenaga dan Energi Sri Lanka Kanchana Wijesekera pada Minggu (3/7/2022), sebagaimana dilansir Reuters.

Sri Lanka tengah menghadapi krisis akut di mana mereka tidak mampu membayar impor bahan makanan, pupuk, obat-obatan, dan bahan bakar karena kehabisan devisa.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Uzbekistan Ricuh, Status Darurat di Wilayah Otonomi yang Dilanda Demo

2. Perintah Baru Putin Setelah Rusia Kuasai Seluruh Luhansk Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin mengeluarkan perintah baru setelah pasukannya berhasil menguasai seluruh wilayah Luhansk, Ukraina timur.

Pada Senin (4/7/2022), Putin meminta Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu untuk melanjutkan serangan Moskwa di Ukraina.

"Unit militer, termasuk kelompok Timur dan kelompok Barat, harus melaksanakan tugas mereka sesuai dengan rencana yang telah disetujui sebelumnya," kata Putin kepada Shoigu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.