Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2022, 05:35 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KOMPAS.com – Daftar Populer Global kali ini didominasi berita mengenai serba-serbi pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Kremlin, Moskwa pada Kamis (30/6/2022).

Artikel yang paling banyak dibaca yakni mengulas keluh kesah Putin kepada Jokowi terkait dampak sanksi Barat -atas invasi Rusia ke Ukraina.

Di bawahnya, ada berita yang memuat pernyataan Putin siap penuhi permintaan pupuk negara sahabat, termasuk Indonesia setelah bertemu Jokowi.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Reaksi Media Rusia atas Kunjungan Jokowi ke Ukraina | Rusia Tingkatkan Serangan setelah Jokowi Berkunjung

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman Populer Global edisi Jumat (1/7/2022) hingga Sabtu (2/7/2022) pagi yang dapat disimak:

1. Keluh Kesah Putin kepada Jokowi

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan keluh kesah ketika bertemu dengan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo di Istana Kremlin, Moskwa, Kamis (30/6/2022).

Salah satu masalah yang diutarakan Putin kepada Jokowi adalah mengenai dampak sanksi Barat terhadap perusahaan-perusahaan Rusia.

Di mana, menurut dia, sanksi tersebut -muncul atas invasi Rusia ke Ukraina- turut berimbas pada ketersediaan bahan pangan dan pupuk di pasar global.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: [POPULER GLOBAL] PM Italia: Jokowi Bilang Putin Tak Akan Hadiri KTT G20 | Yang Akan Dibahas Putin dan Jokowi

2. Usai Bertemu Jokowi, Putin Nyatakan Siap Penuhi Permintaan Pupuk Negara Sahabat, Termasuk Indonesia

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, Moskwa siap memenuhi kebutuhan pupuk pertanian dari negara sahabat seusai melakukan pembicaraan dengan Presiden RI Joko Widodo.

Putin menemui Jokowi di Istana Kremlin, Moskwa, pada Kamis (30/6/2022).

"Kami berbicara tentang isu-isu yang menarik untuk sementara waktu terkait seluruh dunia, semua negara. Maksud saya pasokan bahan makanan, barang pertanian lainnya, termasuk pupuk mineral ke pasar global," kata Putin.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Rusia Default | WHO Puji Indonesia

3. Kenapa Putin Tidak Pakai Meja Panjang Saat Bertemu Jokowi di Rusia?

Presiden Rusia Vladimir Putin tidak menggunakan meja panjang khasnya saat menjamu Presiden Indonesia Joko Widodo di Kremlin, Moskwa, Kamis (30/6/2022).

Sebagai gantinya, Putin berbincang dengan Jokowi secara berdekatan ditengahi meja putih kotak kecil dengan bunga di atasnya.

Keduanya duduk di kursi, mengenakan setelan jas hitam-hitam. Situasi tersebut berbeda jauh dibandingkan ketika Putin menjamu beberapa pemimpin negara lainnya belakangan ini, seperti Presiden Perancis Emmanuel Macron (7/2/2022) dan Kanselir Jerman Olaf Scholz (15/2/2022).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com