Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Tabrakan Berlin: 1 Orang Tewas, Saksi Mata Sebut Mobil Ngebut, Tabrak Korban hingga Melayang

Kompas.com - 08/06/2022, 18:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber AFP

BERLIN, KOMPAS.com - Satu orang tewas dan sedikitnya 12 lainnya terluka ketika sebuah mobil menabrak sekelompok orang di sebuah distrik perbelanjaan yang sibuk di Berlin tengah pada Rabu (8/6/2022), kata polisi.

Dillansir AFP, pengemudi itu ditahan sebentar oleh orang yang lewat sebelum diserahkan ke polisi setelah mobilnya menabrak bagian depan toko, menurut juru bicara polisi Thilo Cablitz.

Tidak jelas apakah kecelakaan itu disengaja, kata polisi.

Baca juga: Kendaraan Tabrak Kerumunan Orang di Berlin, 30 Terluka

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 10.30 (0830 GMT) tepat di seberang Breitscheidplatz, di mana seorang simpatisan kelompok Negara Islam membajak sebuah truk melalui pasar Natal pada 2016, menewaskan 12 orang.

Sekitar 130 personel darurat dikerahkan ke tempat kejadian, di mana beberapa orang terluka parah dan beberapa diangkut dengan helikopter untuk perawatan.

"Ada orang yang terluka parah di antara lebih dari selusin yang terluka," kata Cablitz.

Baca juga: Ingin Lepas Ketergantungan dengan China, Albanese Minta Pebisnis Australia Lirik Indonesia

Renault Clio perak dengan plat nomor Berlin pertama kali melaju ke kerumunan di sudut Tauentzienstrasse dan Rankestrasse, sebelum kembali ke jalan dan kemudian menabrak bagian depan toko di Marburgerstrasse sekitar 150 meter (165 yard) jauhnya.

Frank Vittchen, seorang saksi di tempat kejadian, mengatakan kepada AFP bahwa dia sedang duduk di air mancur di dekatnya ketika dia "mendengar tabrakan besar dan kemudian juga melihat seseorang terbang di udara".

Kendaraan melaju "dengan kecepatan tinggi ke trotoar dan tidak mengerem", katanya, dengan jendela pecah akibat benturan.

"Semuanya terjadi begitu cepat," katanya.

Baca juga: Wanita dalam Foto Ikonik Perang Vietnam Akhirnya Angkat Bicara setelah 50 Tahun

Jerman telah dalam siaga tinggi hadapi serangan tabrakan mobil sejak serangan pasar Natal 2016 yang mematikan, dengan sebagian besar dilakukan oleh orang-orang yang diketahui memiliki masalah psikologis.

Pada Desember 2020, seorang pria Jerman membajak mobilnya melalui jalan perbelanjaan pejalan kaki di kota barat daya Trier, menewaskan empat orang dewasa dan seorang bayi.

Awal tahun yang sama, seorang pria Jerman menabrakkan mobilnya melalui prosesi karnaval di pusat kota Volkmarsen, melukai puluhan orang, termasuk anak-anak. Dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com