Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Terkini: Ledakan Kembali Guncang Kyiv, Satu Orang Terluka

Kompas.com - 05/06/2022, 13:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

KYIV, KOMPAS.com - Beberapa ledakan mengguncang Kyiv pada Minggu (5/6/2022) pagi, kata Wali Kota Kyiv Vitali Klitschko.

Ini jadi serangan pertama di ibu kota Ukraina dalam beberapa pekan setelah kehidupan perlahan mulai normal di kota dan pinggirannya.

"Beberapa ledakan di distrik Darnytskyi dan Dniprovskyi di ibu kota," tulis Klitschko di aplikasi pesan Telegram, dilansir Reuters.

"Layanan sudah bekerja di lokasi," tambahnya.

Baca juga: Didesak Oposisi dan Kyiv, Jerman Kirim Pertahanan Udara Termutakhir ke Ukraina

Saksi mata Reuters melihat asap di Kyiv yang berlanjut lama setelah ledakan.

Setidaknya satu orang dirawat di rumah sakit tetapi tidak ada kematian yang dilaporkan pada Minggu pagi, kata Klitschko.

Wali kota kota bersejarah Brovary sekitar 20 km (12 mil) dari pusat Kyiv, juga mendesak orang-orang untuk tetap berada di dalam rumah mereka karena ada laporan tentang bau jelaga yang berasal dari asap.

Meskipun serangan Rusia terus berlanjut di Ukraina dan kehancuran yang meluas, kehidupan di Kyiv relatif bebas dari serangan dalam beberapa pekan terakhir, setelah Moskwa mengalihkan fokus militernya ke timur dan selatan.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-88 Serangan Rusia ke Ukraina, Moskwa Gempur Pasukan Kyiv dengan Serangan Udara dan Artileri

Sirene serangan udara secara teratur mengganggu kehidupan ibu kota, tetapi tidak ada serangan besar di kota itu dalam beberapa minggu.

Distrik Darnytskyi Kyiv berada di tepi kiri Sungai Dnipro membentang dari pinggiran kota ke tepi sungai, sedangkan distrik Dniprovskyi di utara kota terletak di sepanjang sungai.

Sementara itu, Oleksandr Goncharenko, Wali Kota Kramatorsk di wilayah Donetsk di timur, melaporkan serangan semalam di kota itu, mengakibatkan kerusakan yang meluas tetapi tidak ada korban jiwa.

Baca juga: Ukraina Terkini: 700 Pejuang Mariupol Menyerah, AS Buka Kembali Kedubes di Kyiv

Pada hari Sabtu (4/6/2022), para pejabat Ukraina mengatakan pasukan negara itu telah merebut kembali petak kota medan perang Sievierodonetsk dalam serangan balasan terhadap Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com